Lihat ke Halaman Asli

Nada Az Zahra

Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pelaksanaan Magang MBKM Mahasiswa UIN Malang di BBGP Provinsi Jatim

Diperbarui: 16 Juni 2023   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pembukaan atau serah terima magang di BBGP Prov. Jatim/Dokpri

Batu, 05 Juni 2023 - Program kegiatan PKL/Magang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) adalah program yang diselenggarakan oleh pihak UIN Malang untuk mahasiswa-mahasiswi UIN Malang semester 6 yang dilaksanakan selama 4 bulan di mulai tanggal 13 Maret sampai dengan awal 5 Juni 2023. Namun karena terdapat beberapa hal yang tidak dapat disebutkan, maka kegiatan magang MBKM pada BBGP Prov. Jatim berakhir pada tanggal 7 Juni 2023 sehingga penarikan mahasiswa-mahasiswi UIN Malang yang melaksanakan magang disini diselenggarakan pada tanggal 7 Juni tersebut.

Program magang MBKM dilaksanakan dengan ketentuan pada bulan pertama dilakukan pembekalan kepada mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti kegiatan MBKM ini untuk mendapatkan pemahaman dan juga teori dari mata kuliah terkait pada semester 6 untuk menunjang kelancaran pelaksanaan program magang dan setelah itu dilanjutkan dengan ditempatkannya para mahasiswa-mahasiswi dilokasi magang yang sudah ditentukan diawal semester selama kurang lebih selama 3 bulan kedepan. Dimana dalam hal ini saya dan kelompok saya yang beranggotakan 7 orang, dengan 3 orang mahasiswa dan 4 orang mahasiswi.

Pada awal kedatangan kami kelokasi magang yaitu BBGP Prov. Jatim, kami telah disambut oleh Pak cahyo bagian Humas dan diserahkan kepada Bapak Affandi selaku Kepala Bagian Umum di BBGP Prov. Jatim dan juga sebagai Supervisor dari kelompok kami. Pada awal pertemuan kami dikenalkan dan diceritakan sedikit mengenai BBGP Prov. Jatim dimana dulunya tempat ini adalah PPPPTK PKn dan IPS Prov. Jatim dan seiring waktu berubah menjadi BBGP, selain itu kami juga menjelaskan kedatangan kami kesana dan apa saja yang ingin kami lakukan juga dapatkan dari magang di BBGP Prov. Jatim ini. Selanjutnya kami diajak untuk melihat-lihat atau tur bangunan BBGP Prov. Jatim, dimana ada beberapa gedung seperti gedung Pancasila, gedung Proklamasi, gedung Joeang, terdapat juga asrama untuk para tamu yang berasal dari luar kota dan juga terdapat ruang theater, ruang fitnes dan tersedia pula fasilitas makan siang bersama di BBGP Prov. Jatim, serta lainnya.

BBGP Provinsi Jawa Timur sendiri merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  di bawah Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang memiliki tugas untuk melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan dalam bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Guru, Pendidik lainnya, Tenaga Kependidikan, Calon Kepala Sekolah, Kepala Sekolah, Calon Pengawas Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Pada kegiatan Magang MBKM kali ini mahasiswa magang ditempatkan di beberapa bagian, seperti ada yang ditempatkan pada bagian Program Guru Penggerak (PGP), Program Sekolah Penggerak (PSP), Kehumasan & Pelayanan, serta Administrasi Kepegawaian/Perkantoran. Dimana, pekerjaan praktik atau tugas harian mahasiswa magang disini berbeda-beda sesuai tempat dimana kami ditempatkan, seperti dibagian PGP dan PSP tugasnya adalah membantu para staff dalam mengerjakan beberapa dokumen diantaranya yaitu dokumen terkait pelaksanaan kegiatan BBGP Jatim, seperti proposal dan laporan hasil kegiatan lokakarya, diklat guru dan pendidik/tenaga kependidikan, serta keperluan administrasi pendukung lainnya seperti membantu di bagian pendaatan serta kearsipan seperti menginput data dan mendigitalisasikan arsip yang dibutuhkan oleh guru penggerak dan kepala sekolah penggerak. Sedangkan, untuk bagian humas dan pelayanan kurang lebih membantu untuk mendokumentasikan dan mempublikasi serta meliput kegiatan acara dalam camera & handycam, mengedit & mengupload video ke akun media sosial BBGP Jatim.

Sementara itu, saya sendiri ditempatkan dibagian umum tepatnya administrasi kepegawaian. Dalam hal ini secara umum saya bertugas membantu staff kepegawaian dalam  pelayanan administratif yaitu membantu mengatur dan menyortir serta merekap data pegawai data Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) maupun arsip surat keluar pegawai BBGP Jatim, dan penugasan lainnya yang masih berhubungan dengan urusan kepegawaian. Untuk selengkapnya akan saya jelaskan dibawah ini.

Pada hari pertama diadakan pembukaan atau serah terima program magang MBKM pada UPT BBGP Prov. Jatim, Pada kegiatan ini, para mahasiswa-mahasiswi dari UIN Malang yang didampingi oleh Bu Siti Ma’rifah selaku DPL dari kelompok kami, Sebanyak 7 mahasiwa UIN Malang yang ditempatkan di BBGP Prov. Jatim ini akan dibagi-bagi kedalam 4 bidang, yaitu 2 orang pertama berada dibidang HUMAS, 2 orang di PSP (Program Sekolah Penggerak), 2 orang di PGP (Program Guru Penggerak) dan 1 orang dibidang Kepegawaian, dimana yang ditempatkan dibidang kepegawaian ialah saya sendiri.

Dihari pertama ini, saya masih belum mendapatkan tugas pasti oleh kepala bagian kepegawaian, saya hanya diminta untuk untuk mempelajari serta memahami dan mencaritahu lebih lanjut mengenai BBGP Prov. Jatim dan apa saja penugasannya juga struktur organisasinya, lalu tugas atau jobdesk dari bagian kepegawaian untuk selanjutnya akan saya aplikasikan selama magang dibagian kepegawaian BBGP Prov. Jatim.

Pada hari kedua Pada hari kedua magang saya ditugaskan untuk melakukan penginputan data pegawai berupa nomor ID Card para pegawai/ karyawan BBGP dari yang mana diawal nomor tersebut hanya terdiri dari 6 digit diperbarui menjadi 18 digit dengan NIP sebagai isi panduan pengisian nomor ID untuk keperluan identitas pegawai, absensi juga keperluan tunjangan kinerja karyawan,  hal ini ditujukan agar data atau informasi pegawai tersebut terupdate dari pemberlakuan sebelmunya.

Pada hari selanjutnya saya ditugaskan untuk melakukan digitalisasi dokumen kepegawaian dalam hal ini yaitu SKP (Sasaran Kinerja Pegawai), tugas saya antara lain mulai dari melakukan scanning dokumen menggunakan alat scanner dimana telah terinstal aplikasi scanner pada komputer terkait yang nantinya dokumen fisik yang telah discan tersebut nantinya akan menjadi file softcopy berupa file pdf. Setelah itu saya juga ditugaskan untuk mengatur dan menyortir data tersebut dengan membuat pendataan SKP serta membuat nomor dokumen dan mengurutkannya lalu dimasukkan keodner sesuai nomor urut yang ada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline