Lihat ke Halaman Asli

Senjata Pamungkas Menghadapi Era Cashless

Diperbarui: 30 Oktober 2016   15:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebaik-baiknya teknologi adalah yang dapat memberikan kemudahan dan jawaban bagi semua orang.

Masih jelas dalam ingatan petuah tersebut dari Rektor kampus saya waktu seminar internasional. Perkembangan teknologi di Indonesia memberikan banyak solusi dari berbagai masalah. Penemuan teknologi juga kian pesat seiring bertumbuhnya kegiatan online.  

Termasuk dalam perkembangan teknologi dunia perbankan dan transaksi online yang kini semakin beragam. Mulai dari transaksi kartu kredit, transaksi dengan pulsa, berbagai pilihan pembayaran, dan sekarang tren teknologi pembayaran online adalah menggunakan aplikasi smartphone.

Hasil resume dari survey dari We Are Social menyatakan bahwa 43% dari total 259.100.000 penduduk Indonesia,  adalah pengguna smartphone. Total 20% dari pengguna smartphone tersebut adalah aktif dalam kegiatan mobile banking.

Hal tersebut disambut hangat oleh PT Bank Central Asia (BCA) Tbk. dengan meluncurkan Sakuku, layanan dompet elektronik (e-wallet) dengan berbagai keunggulan. Bank yang berdiri sejak tahun 1955 ini, mengusung tema tagline “Hangout makin All Out dengan Sakuku.” Sehingga diharapkan e-wallet ini bisa menjadi gaya hidup kalangan anak muda dan eksekutif.


Teaser Sakuku oleh akun resmi BCA di You Tube

Perkenalan pertama saya dengan aplikasi cerdas ini sekitar awal bulan September lalu. Selepas meeting, saya mampir ke gerai Chatime untuk melepas dahaga. Terpampang roll banner yang membuat mata saya berbinar, “Diskon 50% menggunakan Sakuku”. Maklum saya sangat gemar mencari diskon, jadi saya langsung berselancar ke mbah gugel info selengkanya dari Sakuku.

Saya semakin mantap setelah tahu bahwa Sakuku adalah produk dari Bank BCA. Berhubung saya adalah nasabah setia BCA mulai dari tabungan, kartu debit, kartu kredit, Flazz Hartono bahkan sampai Flazz edisi special Doraemon. Tanpa basa-basi, saya langsung cari aplikasinya dan mulai meng-install dalam smartphone.

Setelah registrasi dan aktifasi, saya mencoba cash-in (isi saldo) melalui internet banking BCA. Untungnya pas membawa KeyBCA, jadi ga perlu jauh-jauh ke ATM. Dalam hitungan detik saldo sudah masuk dan tampil dalam aplikasi Sakuku. Cukup scan QR code yang diberikan kasir setelah memesan, kemudian 1 gelas minuman favorit dengan hanya separuh harga sudah ditangan! So simple!

Sakuku juga punya ratusan partner merchant offline maupun online yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari marketplace, book store, food and beverage, cafe hingga groceries yang akan terus bertambah. (selengkapnya di: Merchant Sakuku)

Isi Pulsa tidak perlu repot-repot lagi pergi ke mini market, ke ATM atau memakai KeyBCA. Dengan Sakuku, isi pulsa sendiri atau nomer lain sangat mudah dan tanpa biaya admin. Jadi saldo akan terpotong sesuai nominal pulsa yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline