Lihat ke Halaman Asli

youngbrave

Ingin berbagi hal-hal menarik yang ada di dunia ini.

Cara Jitu Memulai Bisnis Online yang Mungkin Anda Belum Tahu

Diperbarui: 27 Juli 2021   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Di era seperti ini memiliki bisnis adalah sesuatu yang menguntungkan. Utamanya karena sumber pendapatan bisa bertambah. Apalagi zaman digital membuat semuanya lebih mudah. Banyak orang yang sukses menjalani bisnis online walaupun modal yang dipakai tidak terlalu besar.

Meskipun demikian, memulai bisnis online bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak hal yang mesti dipikirkan dan direncanakan. Semuanya berproses dari sini, jika perencanaannya bagus maka bisnis onlinenya pun bisa lebih berkembang. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

Pertama adalah cari tahu dulu apa yang dibutuhkan masyarakat. Selain sebagai pembeda, tujuannya adalah untuk menjawab apa yang menjadi permasalahan kebanyakan orang dan belum ada bisnis sejenis yang mampu menjadi solusinya.

Setelah mendapatkan ide bisnisnya, kita bisa pikirkan pemasarannya akan seperti apa. Apakah fisik melalui poster, baliho, hingga banner? Ataukah murni ke jalur digital. Hal lain terkait pemasaran yang perlu dipikirkan adalah bentuk pemasarannya. Makin unik makin bagus.

Dalam membuat bisnis digital, maka yang perlu dipikirkan adalah platformnya. Ada beberapa pilihan yang bisa kita pilih. Misalnya media sosial, website, atau menggunakan jasa platform seperti e-commerce.

Hal penting selanjutnya adalah nama bisnis onlinenya serta kata kunci terkait. Nama sebisa mungkin unik, jika mampu ada filosofisnya maka itu lebih baik. Kemudian kata kunci menarik apa yang bisa kita sematkan di bisnis ini. Sehingga nantinya calon pelanggan bisa mencarinya di mesin pencarian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline