Lihat ke Halaman Asli

'Menguak' Misteri Kefasihan Pidato Presiden SBY !!

Diperbarui: 26 Juni 2015   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Para Kompasianer yang budiman,

Anda semua pasti masih ingat kan Pidato Lengkap Presiden SBY 20 Oktober 2009 yang lalu [Lihat]. Atau yang masih segar dalam ingatan kita adalah pidato Presiden SBY mengenai tanggapan atas kasus Bank Century beberapa hari yang lalu?! Dalam pidato itu, SBY terlihat layaknya orator ulung yang begitu hebat, lancar, tegas, dan sangat hafal (menguasai) sekali isi pidatonya yang sangat panjang tersebut. Namun, tahukah anda bahwa kefasihan pidato SBY tersebut, ternyata ada rahasianya yang kemungkinan banyak orang belum mengetahui hal ini. Mau tau rahasia terselubung tersebut?! Silahkan simak informasi berikut ini.

Kompasianer sekalian, mungkin anda pernah membaca berita lama terkait hal ini, yang pernah ditulis dan diulas oleh KOMPAS.com ! Berita yang diulas oleh KOMPAS.com tersebut berjudul Inilah "Contekan" Canggih SBY di Pidato Kenegaraan "Terakhir". Berikut informasi selengkapnya silahkan lihat di sini .

[caption id="attachment_97246" align="aligncenter" width="431" caption="Pidato-Presiden-SBY !"][/caption]

Dalam informasi yang telah diulas oleh KOMPAS.com tersebut, diinformasikan bahwa Presiden SBY dalam pidatonya itu tidak menggunakan catatan/contekan dalam secarik kertas pun.  Tetapi rangkaian kata-kata yang terlontar dari mulutnya itu begitu rapi dan sistematis. Pandangan SBY pun dapat ditebarkan kepada seluruh anggota dewan, perwakilan negara sahabat, dan para menteri yang ada di dalam ruangan. Kenapa bisa demikian?! Apa rahasianya?! Apakah beliau sudah menghafalnya?!

Tentu saja Beliau tidak menghafalnya, terang saja pidato yang panjang tersebut tidak mungkin dihafal dengan detail dan sistematis sekali, apalagi disampaikan dalam moment penting dan dihadiri oleh orang-orang penting. Otak manusia normal tentu tidak bisa melakukan hal demikian, dan lagi  kondisi internal dan eksternal saat berada di panggung  tentu akan sangat mempengaruhi seseorang  ketika berbicara, pasti akan ketahuan jika ternyata pidato tersebut dihafal atau tidak. Ekspresi wajah dan gerak tubuh tentu bisa dibaca dari orang tersebut. Nah, lantas jika Beliau tidak menghafalnya, apa dong rahasianya?!

KOMPAS.com memaparkan bahwa rahasianya adalah ternyata ada "contekan" super canggih yang membantu proses kelancaran pidato kenegaraan tersebut. Melalui layar televisi di rumah anda, mungkin tak terlihat, tetapi yang dapat kita lihat adalah SBY hanya menggerakkan kepala ke kanan dan kiri, menatap hadirin yang memenuhi ruangan sidang berukuran jumbo itu.

Telisik punya telisik, ternyata "Contekan" canggih SBY tersebut, menurut keterangan salah seorang anggota Paspampres, adalah dua buah layar bening yang berada di kanan dan kiri di depan podiumnya. Petugas paspampres yang enggan menyebutkan nama itu telah menunjukkannya kepada KOMPAS.com, yakni berupa dua buah layar berukuran laptop 10 inci yang masing-masing ditopang dengan sebuah tiang seperti yang biasa dipakai untuk mikrofon.

Layar tersebut sangat transparan sehingga siapa pun tak menyangka bahwa layar-layar itulah yang menyajikan rangkaian kata-kata dari naskah pidato yang diketahui setebal 40 halaman. "Memang baru, kayanya baru kali ini dipakai," kata petugas Paspampres yang bertugas di balkon wartawan.  Sebagaimana dikutip dari sumber terkait [KOMPAS.com]

Kembali dijelaskan oleh KOMPAS.com, bahwa layar itu tak disediakan oleh protokoler DPR. Salah satu staf protokoler DPR mengatakan, perangkat itu disediakan Sekretariat Negara. Dan, perlu untuk diketahui oleh kita bersama, bahwa  perangkat canggih itu juga digunakan oleh pemimpin negara maju, seperti Presiden AS Barrack Obama, saat menyampaikan pidatonya.

Nah, sebenarnya apa nama perangkat alat super canggih yang telah digunakan oleh SBY dalam pidatonya tersebut. Menurut informasi yang beredar, nama alatnya itu adalah Teleprompter. Anda dapat melihat rujukan keterangan alat tersebut melalui wikipedia [Lihat]. Berdasarkan penjelasan wikipedia, diketahui bahwa Pengial baca atau yang disebut juga teleprompter adalah alat bantu baca khususnya bagi seseorang yang ingin berbicara di depan umum. Dengan alat ini, orang tersebut akan terlihat seperti berbicara lisan tanpa menggunakan teks. Awalnya alat ini digunakan oleh penyiar berita televisi agar dalam menyampaikan berita kepada penonton televisi terlihat seperti berbicara tanpa membaca. Oleh karena itu, tulisan yang ditampilkan dalam teleprompter disusun menyerupai bahasa lisan, sehingga para penonton tidak merasa terganggu dengan aktivitas penyiar yang harus menundukkan kepalanya untuk membalikkan teks berita yang bersangkutan. Mengenai sejarah tentang alat tersebut, silahkan anda lihat kembali dalam wikipedia tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline