Lihat ke Halaman Asli

Save La Nyalla Mattalitti, Bapak Sepakbola Indonesia

Diperbarui: 31 Maret 2016   13:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ketua umum PSSI La Nyalla Mattalitti telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejati Jawa Timur, dan saat ini keberadaannya tidak diketahui di mana, kabarnya ia sudah berada di Singapura yang tak punya perjanjian ekstradisi dengan Indonesia.

Mungkin ia takut ditangkap pihak kejaksaan, selanjutnya ditahan atas dugaan korupsi. Rupanya masih ada rasa takut di diri La Nyalla Mattalitti? Padahal selama ini, ia terkenal paling bernyali, semangat menyala-nyala dan sangat vokal dan tak pernah takut mengkritik pemerintah urusan sepakbola nasional, khususnya menpora yang membekukan PSSI. Sampai-sampai kepala Kejati Jawa Timur Maruli Hutagalung mengatakan "Kalo benar mengapa takut?"

Penetapan tersangka korupsi terhadap La Nyalla ada yang bilang berbau kriminalisasi, benar atau tidak biar hakim nanti yang menentukan. Memangnya La Nyalla anggota KPK? ko pakai alasan kriminalisasi ikut-ikutan teknik Bibit-Chandra, Samad-Bambang, dan Novel Baswedan.

Ada juga yang memandang bahwa penetapan tersangka tersebut tidak sesuai dengan statuta FIFA, benar atau tidak biar nanti komite eksekutif FIFA yang menentukan. Statuta FIFA yang mana? Silakan cari di google.

Saat ini status La Nyalla Mattalitti adalah DPO kejati Jawa Timur, dan mabes polri akan segera memasukan namanya ke dalam Red Notice Interpol, sehingga dengan bantuan interpol, diharapkan La Nyalla bisa segera dipulangkan ke Indonesia. Red Notice adalah daftar pencarian orang di markas interpol, bukan daftar ladies yang sedang palang merah di Alexis.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memulangkan La Nyalla Mattalitti ke Indonesia :

1. Umumkan bahwa Kejati Jawa Timur akan menerbitkan SP3, yaitu surat penghentian penyidikan. Karena berdasarkan bukti-bukti yang ada, ternyata Bukti penetapan La Nyalla sebagai Tersangka kurang kuat. Nanti setelah La Nyalla pulang ke Indonesia, terbitkan lagi surat penetapan tersangka, segera tangkap dan tahan.

2. Umumkan bahwa La Nyalla adalah tersangka korupsi, dan diduga terlibat pendanaan teroris serta dinyatakan sangat berbahaya. Nanti pengumuman ini akan dibaca otoritas Singapura, karena mereka takut La Nyalla akan membuat BOM di Singapura, maka mereka akan Menangkap La Nyalla dan mengekstradisi ke Indonesia.

3. Umumkan bahwa Jokowi akan memaafkan La Nyalla dan memberikan amnesti, sehingga La Nyalla tidak bisa diproses hukum, karena La Nyalla dianggap sebagai seseorang yang sangat berjasa bagi persepakbolaan Indonesia dan dipandang akan mampu membawa Indonesia berlaga di piala dunia suatu saat nanti.

Itulah 3 langkah yang mungkin bisa diterapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memulangkan La Nyalla Mattalitti, orang yang paling berjasa bagi persepakbolaan Indonesia.

Sekian dan terima kasih,
Salam sayang,

Cuker




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline