Lihat ke Halaman Asli

Cucum Suminar

TERVERIFIKASI

Kompasianer

Buah Naga, Si "Buah Lokal" Batam untuk Berbuka Puasa

Diperbarui: 11 Mei 2020   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pohon buah naga. | Dokumentasi Pribadi

Buah naga boleh saja berasal dari Benua Amerika sana, tetapi bagi warga Batam, Kepulauan Riau, buah naga merupakan buah lokal. Buah dari marga Hylocereus dan Selenicereus tersebut banyak ditanam warga Batam di sepanjang jalan Trans Barelang, tepatnya di Pulau Rempang dan Galang.

Pada awal tahun 2000-an, ada sekitar 130 hektar lahan yang ditanami buah naga di Batam. Hal tersebut menjadikan Batam sebagai kota penghasil buah naga terbesar di Indonesia. Bahkan, Batam dulu memasok semua kebutuhan buah naga untuk (hampir) seluruh kota di Indonesia.

FYI, wilayah di Indonesia yang pertama kali mengembangkan perkebunan buah naga secara masif adalah Batam. Buah naga termasuk tanaman kaktus. Sehingga, tanaman ini tidak terlalu "rewel". Bisa tetap tumbuh subur dilahan tandus, seperti lahan-lahan yang ada di Kota Batam.

Hamparan kebun buah naga. | Dokumentasi coklatrocklate.com

Namun sayang, sekitar lima tahun kemudian, ada hama yang menyerang pohon-pohon buah naga di Batam. Akibat hama tersebut, banyak pohon buah naga yang mati. Alhasil, kini perkebunan buah naga di Batam tak sebanyak dulu. Meski demikian, tetap cukup melimpah untuk kebutuhan Kota Batam.

Walaupun lahan buah naga sudah jauh berkurang, tetapi saat kita melintasi jalan trans Barelang, akan terlihat hamparan pohon buah naga yang kehijauan. Bila memiliki waktu luang, kita dapat mampir sejenak ke perkebunan tersebut sambil mencicip aneka olahan buah naga yang lezat.

Sop BUah Naga-Durian Cafe Zore. | Dokumentasi Pribadi

Beberapa waktu lalu saya sempat berkunjung ke Cafe Zore: Buah Naga Juice House, di salah satu sudut jalan Trans Barelang. Sesuai dengan namanya, di cafe ini kita bisa bersantai seperti layaknya di cafe sambil mencicip aneka olahan buah naga, ada sop buah naga, cake buah naga, hingga keripik buah naga.

Snack buah naga yang ditawarkan Cafe Zore. | Dokumentasi Pribadi

Usai puas menicicip aneka olahan buah naga, kita dapat menjelajah kebun buah naga yang berada di belakang cafe. Tidak ada biaya khusus yang dibebankan bila kita ingin melihat-lihat buah naga langsung dari kebun. Kita hanya harus membayar aneka makanan dan minuman yang kita nikmati saja.

Banyak Dijadikan Minuman untuk Berbuka Puasa

Sepanjang tahun, buah naga selalu tersedia di Kota Batam. Buah ini memang tidak mengenal musim. Setiap bulan selalu berbuah. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Meski demikian, bila dibandingkan dengan buah naga yang didatangkan dari kota lain, harganya lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan, buah naga Barelang rasanya lebih manis, segar, ukurannya juga lebih besar.

Sop buah selalu ada campuran buah naga. | Dokumentasi Pribadi

Buah naga yang sangat mudah didapat, membuat buah ini cukup favorit dijadikan aneka olahan makanan dan minuman. Tak hanya untuk dinikmati sambil duduk di restoran dan kedai makan, tetapi juga dijadikan produk untuk oleh-oleh khas Batam. Tinggal pilih jenis dan merk, ada banyak oleh-oleh dari bahan dasar buah naga.

Saat bulan Ramadan seperti ini, tak sedikit penjual yang juga memanfaatkan buah naga sebagai dasar utama untuk minuman berbuka puasa. Warna buah naga yang merah keunguan atau justru putih pekat, membuat warna minuman terlihat sangat menarik tanpa pewarna apapun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline