Lihat ke Halaman Asli

Cucu Suwandana

Mahasiswa Program Doktoral UNINUS Bandung

Tugas Pendidik: Membangun Manusia Secara Utuh

Diperbarui: 14 April 2022   10:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TUGAS PENDIDIK: MEMBANGUN MANUSIA SECARA UTUH

By : Cucu Suwandana

Sahabat guru yang hebat...

Allah SWT telah menganugrahkan kepada kita semua badan jasmani dan badan rohani. Dan atas karunia Allah SWT juga manusia memiliki akal yang digunakan untuk berfikir, untuk merasa, dan untuk berkarya.

Ketika bersatunya pikiran, perasaan, dan kehendak maka bisa menimbulkan karya dan memunculkan budi pekerti yang menunjukkan bahwa ketika bersatunya pikiran, perasaan, dan kehendak maka disitulah tandanya menjadi manusia merdeka artinya manusia yang dapat memerintah dan menguasai dirinya atau mandiri dan itulah kodrat sebagai manusia yang mengetahui kebutuhan lahir dan bathinnya.

Sahabat guru yang hebat...

Kita adalah pendidik yang bisa membantu murid untuk memenuhi kebutuhan keduanya lahir dan bathin agar mencapai keseimbangan dalam menjalani kehidupan.

Sahabat guru yang hebat...

Kita tidak bisa membantu memenuhi kebutuhan hanya pada salah satu bagian saja karena badan lahir dan badan batin pada manusia tidak dapat dipisahkan dan saling mempengaruhi.

 Oleh karena itu pendidikan atau tuntunan seyogyanya mampu memberikan didikan lahir dan didikan batin kepada para murid agar terpenuhi kebutuhan kehidupan dan penghidupannya.

Hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa Pendidikan adalah tempat persemaian benih benih kebudayaan yang hidup dalam masyarakat dan daya upaya untuk memajukan perkembangan budi pekerti pikiran dan jasmani.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline