Lihat ke Halaman Asli

Luthfi Anggoro W

Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Rumah Lebih Asri dengan Air Mancur, Cek Pengertian dan Fungsinya!

Diperbarui: 3 April 2024   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pixabay dengan edit pribadi

Mengetahui apa itu air mancur sangat penting bagi Anda yang akan membangun rumah. Air mancur adalah dekorasi bangunan yang bisa mempercantik hunian sehingga menghasilkan nuansa yang cantik dan indah.

Biasanya air mancur dibangun di tempat-tempat wisata atau gedung megah saja untuk dekorasi. Namun, Anda juga bisa membangun air mancur kecil di depan rumah sebagai pelengkap hunian.

Apa Itu Air Mancur?

Apa itu air mancur? Air mancur adalah aliran air yang menyebar secara diagonal dari sebuah sumber air. Pembuatan air mancur bisa dengan beton, logam, atau batu yang ditata di kolam, kebun, dan tempat lainnya.

Di zaman dulu, air mancur digunakan sebagai sumber air untuk kebutuhan masyarakat desa dan kota. Kira-kira air mancur sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu dan saat itu air mancur diletakkan di tempat yang lebih tinggi.

Beberapa contoh air mancur yang terkenal di dunia adalah Piazza Navona, Neptune, Triton, Raja Fahd di Jeddah, Alhambra di Kota Granada, dan air mancuri di Istana Versailles. Seiring berjalannya waktu, air mancur juga mengalami perkembangan.

Pembuatan air mancur kini bisa dengan teknologi hingga menjadi salah satu elemen arsitektur yang bisa dihadirkan langsung di bagian dalam rumah.

Manfaat Air Mancur dalam Arsitektur

Setelah mengetahui apa itu air mancur berikutnya adalah manfaat membuat air mancur dalam bidang arsitektur. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai manfaat dari air mancur.

Sebagai Dekorasi Rumah

Apabila Anda merupakan orang yang suka mendengarkan suara gemericik aliran sungai atau air hujan, maka tidak ada salahnya untuk membangun air mancur. Menggunakan air mancur sebagai hiasan dekorasi rumah bisa meningkatkan suasana hati setiap hari.

Wadah pada air mancur juga bisa Anda manfaatkan sebagai akuarium ikan agar suasana rumah semakin hidup. Anda bisa menambah detail ornamen pada wadah untuk meningkatkan nilai estetika.

Menambah beberapa tanaman hias berukuran kecil di sekitar air mancur juga akan menyejukkan ruangan. Semua dekorasi hunian ini bisa membuat rumah semakin tampak nyaman dan penghuni pun betah.

Mengurangi Tingkat Stress

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline