Lihat ke Halaman Asli

Luthfi Anggoro W

Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Pengertian Arsitektur Menurut pada Ahli dan Ruang Lingkupnya

Diperbarui: 11 November 2023   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Rencanamu.id dengan edit pribadi

Bangunan rumah maupun konstruksi tidak akan lepas dari yang namanya arsitektur. Sederhananya, Arsitektur adalah bidang ilmu dan seni yang berkaitan dalam pengerjaan bangunan.

Untuk mengenali lebih jauh terkait tentang apa itu arsitektur, ruang lingkup, serta fungsinya bisa Anda simak di bawah ini.

Definisi Arsitektur Menurut Para Ahli

Berikut ini sejumlah definisi menurutkan para ahli yang dapat Anda pelajari dan pahami:

Marcus Pollio Vitruvius

Arsitektur didefinisikan sebagai kesatuan dari firmitas (kekokohan) atau kekuatan, venustas (keindahan), dan utilitas (fungsi) atau kegunaan. 

Banhart C.L. dan Jess Stein

Arsitektur adalah seni dalam mendirikan sebuah bangunan, termasuk komponen di dalamnya seperti konstruksi, perencanaan, dan penyelesaian dekorasi, bentuk maupun sifat bangunan, proses pembangunan, kumpulan bangunan, serta bangunan.

Van Romondt

Arsitektur adalah ruang yang menjadi tempat tinggal (hidup) manusia dengan bahagia. Arti kata ruang merujuk pada segala ruangan yang ada dibuat oleh manusia atau proses alam semisalnya gua, naungan pohon dan lain sebagainya.

Claudil

Menurut Claudil, arsitektur adalah sesuatu yang bersifat personal, menyenangkan dan membutuhkan pengalaman. Arsitektur sendiri adalah hasil prestasi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk. Pengalaman yang dimaksud mencakup pada aspek fisik, intelektual, dan emosional.

Jadi, Arsitektur Adalah

Kata Arsitektur adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari Arcee dan Tectoon. Arcee yang memiliki arti makna asli, yang awal atau utama. Sementara Tectoon memiliki arti kokoh, stabil dan tidak mudah roboh. Jika disatukan menjadi Architectoon yang berarti pembangunan utama.

Sedangkan mengurutkan KBBI---Kamus Besar Bahasa Indonesia, Arsitektur berarti seni dan ilmu merancang dan membuat konstruksi bangunan, jembatan dan sebagainya. Dengan kata lain adalah ilmu bangunan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Arsitektur ialah ilmu perancangan bangunan atau sistem pendirian bangunan yang mencakup konstruksi, struktur, dan dekorasi. Kegiatan arsitektur sangat berhubungan dengan kegiatan pembangunan atau konstruksi.

Fungsi Arsitektur

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline