Lihat ke Halaman Asli

Luthfi Anggoro W

Ya karyawan, ya penulis artikel. Hehehe

Itasha, Seni Menghias Mobil dengan Karakter Anime

Diperbarui: 10 November 2023   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Fastnlow.net dengan edit pribadi

Secara umum, terdapat dua tipe pemilik mobil, yaitu suka dengan tampilan default dan senang memodifikasi. Nah, terdapat salah satu jenis modifikasi yang terkenal di kalangan para otaku, yaitu Itasha atau seni menempelkan gambar karakter terkenal dari anime dan manga pada kendaraan.

Sebenarnya, apa itu Itasha dan mengapa sangat populer?

Apa itu Itasha

Menilik dari Wikipedia, Itasha adalah istilah yang berasal dari dua kata Jepang, yaitu itai yang berarti menyakitkan/menyakiti dan sha yang berarti kendaraan atau mobil.

Dengan begitu, secara harfiah Itasha berarti menyakiti mobil.

Meskipun memiliki makna harfiah yang kurang enak, namun pada dasarnya tidak ada unsur "menyakiti" sebuah mobil. Justru, para pemilik mobil yang melakukan Itasha ingin kendaraannya tampil lebih menarik, unik dan menonjol.

Selain Itasha, terdapat istilah lain yang serupa seperti Itansha untuk menghias sepeda motor dan Itachari untuk menghias sepeda. Semua kendaraan tersebut akan tampil menonjol karena dihias dengan tampilan yang ramai dengan warna yang cenderung terang.

Sumber: Japanesestation.com dengan edit pribadi

Awal Kepopuleran Itasha

Sebenarnya, istilah Itasha mulai dikenal pada tahun 1980-an, ketika Jepang kembali bangkit pasca Perang Dunia 2 dan taraf ekonominya sedang tinggi-tingginya. Pada saat itu banyak sekali mobil mewah asal Italia memenuhi jalanan Tokyo.

Maka dari itu, terdapat istilah slang hasil penggabungan dua kata, yaitu ita yang diambil dari 3 huruf pertama Italia dan Sha yang dalam bahasa Jepang berarti kendaraan atau mobil. Sehingga pada awalnya Itasha berarti mobil dari Italia.

Namun, istilah tersebut secara perlahan bergeser di kalangan anak muda. Itasha tidak lagi berarti "mobil dari Italia" melainkan "menyakiti mobil"  seperti yang sudah kami singgung di awal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline