Lihat ke Halaman Asli

Daya Tarik Handphone

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Handphone,, pastinya kita sudah familiar dengan kata2 ini. Mengapa tidak??! karena alat ini adalah alat yang selalu menemani kita setiap waktu dan disegala kegiatan. Alat ini pula dapat menemani kita dikala kita sedih, senang, galau, bahkan marah. Alat inipula selalu menemani kita disetiap tempat dimanapun kita berada seperti dikantor, disekolah, ditempat gym, dikampus, di tempat rekreasi, di mall, bahkan ditoilet ( hehehe ). Menurut Wikipedia : Telepon selular (ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP)  adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Sedangkan menurut saya Handphone merupakan salah satu dari sekian banyaknya alat komunikasi yang ada didunia seperti fax, pos, telegram, telephone. Dan Handphone adalah bentuk telephone yang simple dan mudah di bawa kemana - mana.

Dizaman serba canggih seperti sekarang ini, orang2 lebih tertarik menggunakan handphone dibandingkan :

1. Telepon untuk menelepon teman, keluarga, atau orang2 terdekat.

2. Pos untuk mengirim surat - menyurat.

3. Komputer untuk mengirim email dan browsing internet.

Karena sipengguna sangat dimanjakan dengan teknologi yang sudah tersedia dalam satu alat genggam. Ya dengan handphone, orang dapat melakukan semuanya hanya dengan alat ini seperti menelepon, mengirim surat lewat sms, mengirim email dan browsing internet, mengabadikan setiap moment penting sipengguna bahkan dengan handphone sipengguna dapat menghibur diri dengan bermain game yang sudah tersedia. Dengan handphone, semua kemudahan yang diinginkan pengguna diberikan tanpa membuat sipengguna melakukan sesuatu dua kali dan tanpa harus membawa alat yang besar . Cukup dengan alat sebesar genggaman tangan semua teknologi dan kemudahan sudah dapat di genggam pula. Ya, sipengguna benar2 sangat dimanjakan dengan alat ini.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, semua vendor handphone berlomba - lomba untuk membuat handphone serba canggih dan yang sangat memanjakan sipengguna. Dan alhasil, muncullah handphone tercanggih saat ini dengan  image sendiri yaitu smartphone. Ya, Telepon pintar (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan definisi telepon pintar. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh piranti lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon pintar hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik built-in maupun eksternal) dan konektor VGA. Dengan kata lain, telepon pintar merupakan komputer mini yang mempunyai kapabilitas sebuah telepon. Seperti dibawah ini :

Dengan smartphone ini, sipengguna lebih sangat dimanjakan lagi dengan keberadaannya. Maka dari itu, peminat handphone2 terdahulu berpindah haluan dan ingin segera memiliki salah satu koleksi smartphone. Karena dengan smartphone sipengguna tak perlu khawatur dengan kemajuan teknologi. Targetnya pun bukan lagi kalangan menengah keatas namun kalangan menengah kebawah pun bisa memiliki smartphone dengan harga terjangkau. Hmmm... bener2 tidak mengenal kalangan.

Bila saya ingat2 ke belakang, dahulu handphone merupakan barang yang sangat mewah dan mahal sehingga hanya orang2 berkemampuan ekonomi lebih lah yang mampu memiliki handphone. Karena pada saat itu handphone itu harganya mahal. Namun sekarang ini, semua kalangan mampu untuk membeli handphone / smartphone. Entah apa yang menjadi daya tarik sehingga kalangan menengah kebawah pun kepincut dengan handphone / smartphone. Bahkan bila kita lihat disekeliling kita, anak2 seusia 4 tahun sudah mengerti mengoperasikan sebuah handphone bahkan smartphone. Kalau diingat lagi ditahun 2000an, yang mempunyai handphone hanya orang2 dewasa diatas usia 20 tahuna atau mereka yang sudah bekerja dan mempunyai penghasilan sendiri. Ini salah satu pengaruh dari sebuah handphone / smartphone bagi anak2. Entah baik atau tidak teknologi handphone / smartphone untuk perkembangan bagi anak2 sekarang. Semua dikembalikan lagi kepada pengawasan bimbingan dari sang orangtua.

Dengan semakin maju dan semakin banyaknya handphone / smartphone yang bermunculan, maka semakin tertinggal pula kebiasaan bangsa indonesia yang sudah tertanam sejak dahulu. Ya, salah satunya adalah jasa POS. Bagaimana tidak??! bila ingin mengirim surat dengan kawan jauh tak perlu lagi harus menulis disebuah kertas, membeli amplop, membeli perangko dan pergi ke kantor pos. Memakan waktu dan biaya besar bukan, hanya dengan membuka handphone dan ke aplikasi sms kita sudah bisa berkirim surat dengan kawan jauh dan akan segera pula menerima jawabannya. POS akan hilang sedikit demi sedikit dengan kemajuan teknologi saat ini. Hanya kita sebagai generasi muda dan penerus bangsa yang wajib memelihara dan menggunakan jasa yang dari zaman nenek moyang kita pergunakan. Semoga dengan kemajuan teknologi tak membuat cara2 traditional di Indonesia hilang.

_sekian & terimakasih telah membaca_




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline