Lihat ke Halaman Asli

Crysant Aurely Tumanggor

Mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta

Perbandingan Iklan Skincare antara Indonesia dan Thailand: Kacamata Teori Dramatism

Diperbarui: 25 November 2023   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Youtube Ocean Skin

Hai semuanya! selamat datang di artikel saya, berdasarkan informasi mengenai judul yang telah tertera dan anda baca di atas, artikel ini berisi informasi analisis perbandingan produk komunikasi persuasif Indonesia dengan produk dari negara lain (studi komparasi). Selain itu, artikel ini juga akan memuat teori komunikasi persuasif yaitu teori dramatism.

Analisis produk komunikasi persuasif dari negara lain kali ini saya akan menggunakan iklan komersial produk skincare asal Thailand yang bernama "Ocean Skin". Salah satu iklan komersial dari brand "Ocean Skin" yang saya gunakan, mempromosikan produk essence dengan judul iklan "OCEAN SKIN - Speedy Miracle Deep Ocean Water Essence". Selain menggunakan bahan-bahan alami, brand skincare ini juga berkomitmen untuk mengambil manfaat dari kekayaan laut dengan tujuan meningkatkan kecantikan kulit muda.

Dalam iklan ini, disajikan sudut pandang seseorang wanita yang mempunyai permasalahan pada kulit wajah dan mendambakan perubahan menuju kulit yang sehat layaknya keinginan dan impian banyak wanita di dunia untuk memiliki kulit yang sehat dan cantik. Di iklan tersebut juga menunjukkan bahwa seorang wanita tersebut diberi arahan untuk mengikuti langkah-langkah tertentu. 

Langkah-langkah yang ditunjukkan seperti pergi kepasar untuk membeli ikan, lalu pergi ke pelabuhan untuk naik kapal menuju France yang dilalui agar bertemu dengan paus biru dan memberikan ikan yang dirinya beli guna memperoleh benefit yang diinginkan yaitu plankton sebagai ingredients alami dari lautan untuk memperoleh wajah yang sehat. Setelah adegan bersusah payah pada cerita tersebut wanita itu juga dapat menggunakan produk Speedy Miracle Deep Ocean Water Essence yang memiliki kandungan ekstrak plankton sehingga wanita itu tidak perlu bersusah payah untuk pergi mencari ke lautan.

Plankton merupakan organisme laut yang berukuran mikroskopis, biota laut ini dapat berupa tumbuhan maupun hewan. Plankton hidup secara pasif di laut dan bergerak mengikuti arus laut. Utamanya plankton memiliki dua jenis yaitu fitoplankton (tumbuhan) dan zooplankton (hewan). Dalam kehidupan, plankton memiliki banyak manfaat khususnya pada konteks kecantikan yang memberikan berbagai manfaat seperti membantu memperbaiki dan menutrisi kulit.

Selanjutnya, analisis perbandingan yang akan saya lakukan terhadap produk skincare yang diiklankan di Indonesia yaitu merek yang bernama "Garnier" dan iklan komersial yang saya gunakan mempromosikan jenis produk serum dengan judul iklan "Garnier Bright Complete Vitamin C Serum, Serum no. 1 di Indonesia".

Sumber: youtube Garnier Indonesia

Iklan ini memperlihatkan perspektif bahwa adanya kekecewaan dari beberapa wanita karena telah menggunakan berbagai merk serum namun tidak ada efek yang kunjung terjadi lalu iklan tersebut menyarankan untuk menggunakan Garnier Bright Complete Vitamin C Serum karena memiliki kandungan 30 kali vitamin c dan 3 kali aksi cerahkan noda hitam dalam waktu 3 hari. Maka, dalam iklan komersial tersebut menunjukkan bahwa brand "Garnier" ini serumnya dapat memberikan efek kecerahan pada wajah dan bebas dari noda hitam dalam 3 hari.

Seperti yang saya tulis diatas, artikel ini akan memuat teori komunikasi persuasif yaitu teori dramatisme. Dramatisme adalah teori yang dikembangkan oleh Kenneth Burke, teori ini mengilustrasikan bahwa kehidupan manusia dianggap sebagai drama yang dimana manusia berperan sebagai aktor yang melakukan tindakan pada situasi dan motif tertentu. Dalam dramatisme, manusia dianggap sebagai pembuat pilihan yang memiliki kebebasan penuh dalam memilih dan menentukan suatu tindakan (West & Turner, 2010: 328-329).

Tidak hanya itu, Kenneth Burke juga mengembangkan tiga aspek penting untuk menganalisis dramatistik yakni Integrasi, Kritik, dan Penutup. Ketiga aspek ini mencakup kemampuan dalam mengintegrasikan elemen dan konsep analisis komunikasi (Integrasi), kemampuan untuk mengevaluasi konflik dan kritis terhadap teori dramatistik (Kritik), serta   (Penutup) menyimpulkan temuan tentang teori dramatistik (West & Turner, 2010: 337-339).

Pentad dramatis, sebagai model kunci dalam teori dramatisme, terdiri dari lima unsur utama, yaitu tindakan, latar, agen, agensi, dan tujuan. Kelima elemen pentad dramatis ini memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan mendasar dalam komunikasi manusia, melibatkan unsur apa (tindakan), di mana (latar), siapa (agen), bagaimana (agensi), dan mengapa (tujuan). Lebih dari sekadar menyajikan informasi, pentad dramatis juga mencerminkan ideologi atau pandangan dunia yang menjadi latar belakang suatu pesan persuasif (West & Turner, 2010: 335-336).

Bedasarkan analisis pentad dramatis, saya akan menganalisis dua iklan produk skincare dari kedua negara dengan merinci kelima unsur utama dalam model kunci teori dramatisme :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline