Lihat ke Halaman Asli

Andi Kurniawan

Penulis buku Wajah Kota, Wajah Kita (kumpulan artikel koran) dan Dari Soeharto hingga Raisa (kumpulan artikel Kompasiana)

Menerbitkan Buku dari Tulisan di Kompasiana

Diperbarui: 2 Oktober 2023   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: koleksi pribadi

Saya adalah aktivis lama Kompasiana, walaupun lama juga tidak aktif. Selain akun ini, saya juga memiliki akun 'baru' di sini yang justru memiliki jumlah tulisan jauh lebih banyak.  Akun baru tersebut sekarang tidak bisa saya gunakan lagi untuk menulis karena lupa email yang digunakan, saking lamanya tidak aktif. 

Akun yang sekarang saya gunakan ini sesungguhnya adalah akun lama yang sempat tidak bisa diakses karena lagi-lagi lupa email atau password, yang beruntungnya kemudian dapat kembali digunakan karena menemukan kembali email yang digunakan.

Selain kedua akun tersebut, jujur saya juga memiliki akun lain yang digunakan terutama untuk mengunggah isi yang sensitif terutama soal politik walaupun tidak banyak mengunggah tulisan. Tapi itu dulu sebelum pengaturan akun sepertinya lebih ketat sekarang ini.

Di beberapa akun tersebut saya cukup produktif menulis, terutama pada periode Desember 2014 hingga Mei 2016, meskipun periode paling produktif sesungguhnya pada Januari hingga Mei 2015. 

Pada bulan Mei 2015 Kompasiana mengalami upgrade besar-besaran yang membuat mood menulis berkurang karena website yang sering mengalami error. Setelah periode tersebut, saya masih beberapa kali membuat tulisan walaupun tidak seproduktif sebelumnya.

Dari kumpulan tulisan tersebut akhirnya saya tergerak untuk mengumpulkan dalam bentuk buku. Lumayan kaget juga ternyata tulisan di kompasiana cukup banyak. Saking banyaknya, saya merencanakan untuk menerbitkan dalam 3 buku. 

Buku pertama memuat tulisan-tulisan terkait dengan Media, Bahasa, Hiburan, Musik, dan Catatan Pribadi. Buku kedua berisi tulisan terkait aspek Sejarah dan Budaya, Hukum dan Politik, dan Lintas Tema, sementara buku ketiga ini mencakup tema Seputar Kita dan All About Kompasiana yang menceritakan suka duka selama aktif di Kompasiana. 

Mencermati tema-tema yang direncanakan tersebut, dapat dilihat luasnya tema yang menjadi perhatian. Tentunya bukan maksud hati penulis untuk nyinyir dan mengomentari banyak hal, karena tulisan yang dibuat sesungguhnya bukan diniatkan untuk merecoki dan menggurui, namun sekedar catatan dan curahan hati mengenai berbagai hal yang menggedor perasaan.

Buku pertama sudah terbit mengambil judul Dari Soeharto hingga Raisa, karena memang terdapat tulisan yang menyinggung kedua orang tersebut di luar tema dan tokoh-tokoh lainnya. 

Adanya tulisan mengenai dua tokoh yang memiliki latar belakang berbeda tersebut sesungguhnya sekali lagi mencerminkan luasnya minat penulis, dari politik hingga dunia hiburan. 

Meskipun demikian, keseluruhan tulisan disusun dengan gaya santai, kecuali beberapa tulisan yang dimaksudkan untuk lomba penulisan yang seringkali dilakukan oleh Kompasiana dengan berbagai tema. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline