Lihat ke Halaman Asli

Crito Majasto

Mahasiswa

Bantu UMKM Desa Majasto, Mahasiswa KKN UNDIP Optimalkan Penggunaan Google Maps dan QRIS

Diperbarui: 14 Februari 2024   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : dokumen pribadi

Sukoharjo (29/01/24) -- Desa Majasto memiliki potensi UMKM yang beragam, potensi UMKM yang menjadi unggulan yaitu toko pakaian. Toko pakaian di Desa Majasto dikenal dengan kualitas yang baik dan juga harga yang bersaing, tidak asing apabila pada akhir pekan toko-toko tersebut dipenuhi oleh pengunjung baik dari Sukoharjo maupun kabupaten lain seperti Kabupaten Klaten. Tidak hanya toko pakaian, tetapi juga terdapat warung-warung yang menjajakan makanan seperti mie ayam bakso, ayam bakar, lothek, bakmi jawa, dan sebagainya. Akan tetapi, masih banyak UMKM di Desa Majasto yang belum melek mengenai keberadaan Google Maps dan QRIS. 

Berawal dari keresahan kami sebagai mahasiswa yang sudah terbiasa dengan media digital. Dimulai dari kesulitan mencari beberapa UMKM yang tidak terdapat pada Google Maps dan juga kesulitan dalam pembayaran karena diharuskan menggunakan metode konvensional yaitu cash. Hal tersebut sedikit menyulitkan kami, karena letak ATM yang hanya terdapat di Kecamatan saja. Oleh karena hal tersebut, Mahasiswa KKN Tim I Undip 2023/2024 dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Ella Mulia Dewi Putri, memutuskan untuk melaksanakan program kerja yang bertujuan untuk membantu UMKM di Desa Majasto. Program tersebut berjudul "Optimalisasi UMKM Desa Majasto melalui Google Maps dan QRIS".

Program ini dilaksanakan dengan metode door to door pada beberapa UMKM secara acak, kemudian akan diberikan penyuluhan dan sosialisasi mengenai apa itu Google Maps dan QRIS, manfaat yang akan dirasakan, dan juga bagaimana cara pendaftarannya. Lebih lanjut, UMKM juga dibantu dalam pendaftaran pada Google Maps dan juga QRIS.

Program kerja ini melibatkan UMKM dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas UMKM di Desa Majasto agar menjadi lebih mudah dalam pencariannya, terutama pada Google Maps, sehingga diharapkan dapat meningkatkan jangkauan usaha mereka. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan metode pembayaran cashless, QRIS yang dapat dipertimbangkan penggunaanya kedepannya.

Penulis : 

Ella Mulia Dewi Putri

Prodi :

Ekonomi Islam - Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Dosen Pembimbing Lapangan : 

Fajar Arianto., S.Si., M.Si

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline