Lihat ke Halaman Asli

creativenwmedia

Media Nahdlatul Wathan Sumut

Perdana di Kota Medan, NW Sumut Terapkan Metode Arbain dalam Belajar Nahwu Shorof

Diperbarui: 27 Juni 2024   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. PWNW Sumut

Perdana Di Kota Medan, NW Sumut Terapkan Pembelajaran Metode Arabain Dalam Belajar Membaca Kitab Kuning
27/06/2024, Creative NW Media.


Pengurus Wilayah Nahldatul Wathan (PWNW) Sumut menggelar pembelajaran khusus dalam belajar membaca kitab kuning. Metode yang digunakan adalah Metode Arbain yang digagas pertama kali oleh KH. Muharrar Khudlory, Pengasuh PP. Al Mubarok Al Arba'in, Demak, Jawa Tengah. Pembelajaran tersebut dibuat melalui Annahdliya Academy dibawah bimbingan PWNW Sumut, Ustdz. M. Iqbal Daulay, MA

Berkolaborasi Dengan Pimpinan TPQ Al Muttaqin Ustdz Syahrul Mukti Tanjung, S.Pd , Annahdliya Academy menghadirkan Pembina kegiatan yang berkompeten dalam bidang nahwu shorf, Ustdz. M. Shobri Anton Ritonga, S.Pd, Alumni PTKU MUI-SU angkatan 5 2016, Staff Pengajar di Ponpes Tahfidz Azhar Center (PTAC) Labura. Ustdz. Anton sendiri mendapatkan sanad Metode Arbain langsung dari KH. Muharror Khudlory pada tahun 2023 di PP Al Arbain Jawa Tengah.
"Untuk mengambil sanadnya itu kemarin saya langsung mengikuti Daurohnya di PP. Al Arbain tahun 2023. Kami disana mengikuti pembinaan selama 40 Hari berturut" Ujarnya.
 Pembelajan kali ini tidak hanya diikuti oleh anak-anak muda melainkan juga diikuti oleh dai-dai kota medan. Dengan mengikuti pembelajaran tersebut mereka mengharapkan agar mendapatkan ilmu baru dalam metode belajar membaca kitab kuning. Tidak hanya itu peserta yang ikut juga dari orang tua, misalnya bapak Johansyah Reza. Walaupun usianya sudah 60 tahun tapi semangat untuk Ilmu masih disempatkan
"Menghadiri majelis ilmu kan sama dengan menghadiri taman syurga, dan juga saya berharap semoga dengan itu bisa diraih ridhanya Allah, dan saya yakin belajar apapun pasti ada manfaatnya. Dan tekhusus setelah pensiun ini saya betul betul perbanyak belajar tentang agama yang ilmunya tak berujung" Ungkap bapak Johan.

Bimbingan Metode Arbain dalam mempelajari Ilmu Nahwu dan Shorof diharapkan menjadi landasan bagi para pelajar, para Dai, dan umum untuk dapat memahami al Quran sesuai dengan maknanya. 27/06/24(MYD)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline