Lihat ke Halaman Asli

Corry LauraJunita

Tsundoku-Cat Slave

Ucapkan Selamat Tinggal kepada Tanggal Tua dengan Cara "Zero Budgeting"

Diperbarui: 9 Oktober 2021   04:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi | Gambar oleh stevanovicigor dari Envato Elements

Bagi para pengabdi gajian, tentu ada masanya ketar ketir menyambut tanggal tua. Kadang bahkan ada yang iseng cek kantong-kantong baju atau tas siapa tahu ada uang terselip. 

Kalau ada, wah rasanya seperti mendapat berkat yang tidak terduga. Temen saya bahkan ada yang pernah iseng nanya apakah saya punya utang ke dia. Kaget dong ya. 

Ternyata sambil cengar-cengir dia bercerita bahwa duitnya sudah pas-pasan sedangkan gajian masih semingguan lagi. Belum lagi dulu awal saya bekerja, gajian itu adalah di tanggal satu pas hari kerja.

Jadi, kalau ada bulan yang tanggal satunya di hari Sabtu atau minggu, teman-teman akan bilang kalau bulan berjalan itu tanggalnya ada 33 hehe.

Baca Yuk 6 Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Stres

Jika ditanya tips kelola uang di tanggal tua, maka saya akan bilang : TELAT. Kelola uang itu sejak dari tanggal muda, Bapak dan Ibu, bahkan sejak uang belum mampir di rekening. Jadi, saat di tanggal tua, kita tinggal menjalankan apa yang sudah kita persiapkan sejak terima uang. 

Saya ada tips supaya tiap hari serasa tanggal muda, yang kalau bisa dijalankan mungkin bukan hanya urusan tanggal tua yangterselesaikan, tetapi ada sedikit sisa untuk tujuan keuangan lainnya. 

Tips kelola uang dari saya adalah BUDGETING. Tetapi, sebelum bisa menentukan budget, pertama kita harus tahu dulu pendapatan kita tiap bulan ada berapa. Caranya adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Mencatat pemasukan dan pengeluaran rutin

Kegiatan ini dilakukan minimal 3 bulan secara berturut-turut. Tujuannya tentu supaya tahu berapa pendapatan setiap bulan dan pengeluarannya. Yang pendapatannya rutin setiap bulan mungkin gampang saja karena cukup melihat catatan kredit di rekening. 

Freelancer atau pendapatannya tidak rutin, harus benar-benar konsisten mencatan pendapatan sekecil mungkin. Tujuannya supaya tahu, rata-rata pendapatan bulanan itu berapa, dan sumbernya dari mana saja. 

Saya pernah ikut sebuah webinar keuangan untuk freelancer, si pembicara bahkan menyarankan untuk pekerja yang pemasukan rutinnya tidak tetap, cobalah supaya gaji bulan ini adalah uang buat bulan depan. 

Kenapa? Karena dengan demikian, kita jadi tahu total uang yang kita punya bulan ini berapa. Jadinya kita sadar oh, bulan ini uangnya bisa cukup atau tidak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline