Lihat ke Halaman Asli

Corry LauraJunita

Tsundoku-Cat Slave

Mempertahankan Kesehatan Mental dengan Olahraga

Diperbarui: 7 September 2020   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi : Latihan Yoga (www.shutterstock.com)

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Rata-rata orang Indonesia familiar dengan semboyan dari sastrawan Romawi  bernama Decimus Iunius Juvenalis ini. 

Meskipun sesungguhnya Juvenal tidak menyinggung masalah olahraga dalam kalimat utuhnya yaitu Orandum est ut mens mens sana di corpore sano yang dapat diartikan "seorang pria harus berdoa untuk pikiran sehat di dalam tubuh yang sehat, tetapi penggalan kalimat ini menjadi semboyan di pegiat olahraga.

Olahraga  merupakan suatu bentuk aktivitas fisik yang dilakukan dengan secara terencana serta terstruktur yang mana di dalam pelaksanaannya itu melibatkan gerakan tubuh dengan secara berulang-ulang untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani (1)

Olahraga sangat penting bagi tubuh karena orang yang terbiasa berolahraga akan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Orang yang tubuhnya sehat tidak akan cepat lelah, tidak mudah sakit sehingga dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari dengan baik.

Seperti yang disebutkan diatas, olahraga tidak hanya mampu menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan rohani atau jiwa.

Olahraga mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan yang baik untuk otak dan dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh. 

Selain endorphin, olahraga terbukti manjur dalam meningkatkan hormon lain yang dapat menumbuhkan rasa bahagia dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dan dopamin.

Apakah selama pandemi yang memaksa kita diam di rumah ini, anda merasa tertekan, merasa lelah terus-menerus, mengalami gangguan tidur, badmood, emosi yang naik turun, dan bahkan merasa sedih tanpa alasan. 

Waspada, mungkin anda kurang bergerak, dalam hal ini berolahraga, bukan sekedar bergerak dari kamar ke dapur, atau dari meja ke kulkas. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan berolahraga rutin adalah :

  • Melatih memori dan kemampuan berpikir

Selain memicu kebahagiaan, endorfin juga membantu menstimulasi otak sehingga konsentrasi meningkat dan kemampuan pegambilan keputusan bisa lebih baik. Olahraga juga melancarkan aliran darah yang membuat sel-sel otak berkembang lebih baik sehingga membantu mengurangi penurunan kemampuan akibat usia.

  • Meningkatkan rasa harga diri
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline