Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Penggunaan Kata

Diperbarui: 29 Maret 2023   12:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada kali ini kita akan membahas mengenai Penggunaan kata. Beberapa di antaranya adalah upaya untuk mempromosikan ortografi bahasa Indonesia untuk melanjutkan kosa kata. Huruf-huruf ini terdiri dari vokal, konsonan, diftong, dan kombinasi konsonan. Penguasaan bahasa Indonesia merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh orang Indonesia, termasuk siswa sekolah dasar.

Huruf Abjad

Huruf Abjad juga bisa merujuk ke huruf alfabet. Sekarang setiap huruf juga mewakili satu atau lebih bunyi, misalnya huruf e bisa mewakili bunyi e pada kata bebek, e pada kata senang atau pada kata berani. Urutan huruf alfabet adalah rangkaian huruf dari A sampai Z, yang juga digunakan dalam alfabet internasional, yang terdiri dari 26 huruf.

Huruf Vokal

Huruf Vokal adalah huruf yang tidak kekurangan ucapan, hambatan hanya terdapat pada pita suara, bukan pada artikulator. Sehingga udara yang keluar dari paru-paru mengalir melalui pita suara dan tidak bertabrakan dengan alat artikulasi atau bicara seperti bibir, gigi atau lidah. Jumlah vokal ada 5, yaitu a, i, u, e dan o.


Huruf Konsonan

Konsonan adalah huruf yang bunyinya karena terhalangnya aliran udara dari paru-paru. Mungkin ada penyumbatan di beberapa organ bicara,  Menghalangi kedua bibir pada bunyi B, ujung lidah menghalangi saat menyentuh bagian belakang gigi seri atas pada bunyi T.

Huruf Diftong

Diftong bahasa Indonesia memiliki empat diftong yang dilambangkan dengan menggabungkan vokal ai, au, ei dan oi.

Gabungan Huruf Konsonan

Perpaduan huruf konsonan kh, ng, ny dan sy masing-masing melambangkan satu bunyi konsonan.  Contoh : Ny = Nyata, banyak, nyonya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline