Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Pasar Oligopoli terhadap Pasar Global

Diperbarui: 23 Juni 2024   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar persaingan tidak sempurna di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Tiap-tiap perusahaan menetapkan kebijaksanaan sendiri dan setiap aksi dari suatu perusahaan seperti mengadakan perubahaan harga akan direspons oleh perusahaan lainnya, karena setiap perusahaan yang ada dalam pasar yakin bahwa kebijaksanaan suatu perusahaan akan mempengaruhi penjualan dan keuntungan perusahaan lainnya. 

Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka. dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha. promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya. dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Faktor utama yang menyebabkan terjadinya oligopoly ini adalah keberhasilan mengelola perusahaan sedemikian rupa sehingga mempunyai skala ekonomi yang menyebabkan efisiensi dan keberhasilan dalam promosi penjualan, dalam jangka. panjang menyebabkan bertambahnya pangsa pasar.

Adanya pasar global ini, pasar oligopoli yang termasuk kedalam pasar saingan yang tidak sempurna memiliki hubungan dengan pasar global. Pada umumnya pada pasar oligopoly ini jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Di setiap perusahaan, perusahaan dapat menentukan kebijakannya sendiri dan segala tindakan perusahaan seiring aanya perubahan harga akan diperhitungkan oleh perusahaan lain yang di akibatkan setiap perusahaan di pasar akan mempengaruhi pendapatan dan keuntungan. Dalam pasar oligopoli, setiap pasar harus mampu menjadikan pasar ini sebagai bagian dari permainan pasar yang bisa mendapatkan keuntungan nya di dasarkan pada pperilaku pesaingnya. Adanya promosi, periklanan, pengenalan adanya produk baru, perubahan harga dan lain-lain ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen agar dapat menjauh dari pesaing.

Pasar oligopoli seringkali menghasilkan kecenderungan untuk adanya kerjasama antar pesaing utama yang dapat menyebabkan penentuan harga yang tidak efisien dan menghambat persaingan sehat. Perusahaan dalam pasar ini sering memiliki kekuatan pasar yang signifikan , memungkinkan untuk mempengaruhi kebijakan, standar industri, dana rah motivasi.

Dalam globalisasi ini membawa dampak yang sangat signifikan pada proses perubahan zaman khususnya pada perekonomian yang ada di Indonesia. Pada pasar oligopoli juga strukturnya terdiri dari dua atau tiga bahkan lebih untuk menguasai pasar. Berkembangnya era pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi tentunya disebabkan adanya pengaruh globalisasi yang mempengaruhi pasar di dalam negara maupun pasar di luar negeri. Pasar oligopoly sangat berpengaruh pada pasar global atau pasar industry, hal ini disebabkan karena adanya tekanan harga dan ide- ide baru dari pesaing serta yang di dukung oleh berkembangna teknologi yang semakin canggih dan berkembang dengan pesat sehingga kegiatan pasar ini mudah untuk mempertahankan konsumennya.

Pasar oligopoli ini dapat mendorong perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi, seperti pengembangan teknologi dan produk yang lebih baik. Pada integrase global dapat membantu mengembangkan hubungan antar perusahaan global. Tak hanya itu saja, pada pasar oligopoly ini memiliki persaingan yang lebih ketat sehingga harga yang lebih stabil dan produk yang lebih terjamin dapat membantu meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Masyarakat lebih persaya dan suka terhadap kualitas yang produk pasar oligopoly hal ini yang menyebabkan karena perusahaan yang beroperasi di pasar oligopoli memiliki perizinan yang lebih terpercaya dibandingkan pasar umum. 

Perusahaan dalam pasar oligopoli cenderung memiliki kekuatan untuk menetapkan harga produk. Hal ini dapat mengarah pada harga yang tidak wajar, tergantung pada usaha sendiri. Dalam pasar global, hal tersebut dapat mempengaruhi daya beli dan kesehjateraan konsumen di berbagai negara. konsentrasi dan kekuatan dalam perusahaan dapat menciptakan ketidakstabilan ekonomi yang signifikan. Jika salah satu perusahaan dalam pasar oligopoli mengalami kesulitas keuangan atau kegagalan dampaknya bisa merambat ke pasar global dan menyebabkan adanya gangguan ekonomi yang begitu sangaat membuat resah masyarakat. Pasar global sering kali menjai terlalu berkegantungan pada keputusan kinerja perusahaan-perusahaan dalam pasar oligopoli. Jika salah satu perusahaan mengalami masalah atau megubah strategi konsep pasar, ini dapat mengakibatkan dampak yang luas pada rantai pasokan global dan perekonomian negara- negara yang bergantung pada keputusan dan kinera perusahaan-perusahaan dalam pasar oligopoli.

Dampak yang signifikan pasar oligopoli dalam industry otomotif yaitu seperti melakukan transaksi internasional, mengembangkan hubungan antar perusahaan global, dan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Pasar global dalam menghadapi dominan pasar oligopoli memerlukan solusi yang tepat dan bijak. Kebijakan yang ketat terhadap praktik bisnis yang tidak adil dan antisipasi terhadap resiko ekonomi yang timbul dari ketergantungan pada beberapa perusahaan besar yang dapat membantu mengurangi dampak negatinya. Selain itu, mendorong keragaman pasar an mendorong pasar persaingan yang sehat sehingga dapat merangsang inovasi, dapat memberikan maanfaat jangka panjang bagi perekonomian global.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline