Lihat ke Halaman Asli

Coriena HalwaSabrina

Mahasiswi Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung

Hambatan dalam Pembuatan Sertifikat Halal Gratis

Diperbarui: 14 September 2024   20:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar di ambil di lapangan/dokpri

Hambatan Dalam Pembuatan Sertifikat Halal Gratis

Sertifikat Halal Gratis merupakan pengakuan kehalalan suatu produk yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag). Dalam hal ini BPJH bekerja sama dengan instansi lainnya untuk menyerukan pembuatan sertifikat halal gratis. Sertifikat Halal Gratis ini masih terdengar tabu di kalangan pedangan kaki lima atau UMKM yang Tengah merintis. Beberapa dari merekapun ada yang enggan membuat sertifikat halal karena berpikir bahwasanya bahan ataupun proses mereka dalam pembuatan produk dilakukan secara halal.

Pendamping Proses Produk Halal juga menjadi peranan penting dalam pembuatan sertifikat halal, mereka melakukan pelatihan terlebih dahulu lalu mensosialisasikan tentang sertifikat halal gratis kepada para pelaku usaha. 

Beberapa dari mereka ada yang mengeluh bahwasanya para pelaku usaha terkadang banyak yang tidak ingin mengajukan sertifikat halal, dan mereka juga ada yang berpikir bahwa itu adalah semacam scam atau penipuan. Karena dalam proses pendampingan memerlukan data pribadi pelaku usaha.

Para pelaku usaha terkadang menjadi hambatan dalam proses sertifikat halal, yaitu ketika pelaku usaha tidak mempunyai email, nomor Hp aktif, dan beberapa dari mereka juga ada yang menggunakan bahan yang belum tersertifikati halal. Hal tersebut menjadi hambatan dalam proses sertifikat halal dan membuat pendamping bingung untuk mengantisipasi.

Gambar di ambil di lapangan/dokpri

Hambatan lainnya adalah ketika melakukan sosialisasi dari satu tempat ke tempat yang lainnya, membutuhkan waktu yang lama, dan tidak banyak dari pelaku usaha yang menolak. Kemudian hambatan lainnya yaitu ketika server down siHalal eror karena banyak yang mengakses, dan itu membuat proses jadi terhambat dan melambat.

Dalam proses pembuatan sertifikat halal sebeelumnya terdapat juga proses pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) bagi yang belum mempunyainya, yaitu untuk mengklasifikasikan produk yang akan di ajukan sertifikat halal. Dalam pembuatan NIB pun seringkali mengalami server down sama halnya dengan web siHalal. Dari sini harusnya pihak yang bersangkutan bisa menangani dengan baik, dan untuk kedepannya agar lebih baik lagi dalam menangani web yang error.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline