Lihat ke Halaman Asli

Pecandu Sastra

Blogger dan Penulis

Menegangkan, Indonesia Bantai Kamboja di Babak Kedua 2-0

Diperbarui: 20 Juli 2024   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja pada Sabtu, (20/7). Foto oleh Timnas Indonesia Official/X. Ist

Laga kedua fase grup A Asean Football Federation Championship (Piala AFF) U-19 Tahun 2024 yang digelar pada Sabtu, 20 Juli 2024 pukul 19.30 waktu Indonesia bagian Barat (Wib) di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur mempertemukan Timnas Indonesia dengan Kamboja.

Babak pertama berlangsung sengit, Indonesia yang lebih dominan dalam penguasaan dan memainkan bola secara bertubi-tubi mencoba mematahkan pertahanan dari Timnas Kamboja. Beberapa kali bola dieksekusi ke arah gawang lawan, namun tak satu pun mampu berhasil diloloskan ke dalam gawang.

Meski banyak peluang tercipta yang diusahakan oleh tim asuhan pelatih Indra Sjafri. Hingga wasit meniup peluit mengakhiri babak pertama, - kebuntuan di antara kedua kesebelasan ini tak juga membuahkan solusi.

Berjalan lima belas menit di babak kedua, sejauh ini Indonesia masih mendominasi dalam penguasaan bola. Banyak peluang kembali tercipta melalui aksi-aksi para pemain di kotak penalti gawang Kamboja, namun keberuntungan belum juga berpihak. Di babak ini para pemain Indonesia lebih sedikit agresif sehingga menimbulkan beberapa pelanggaran. Untungnya hal itu mampu segera disadari dan permainan mulai stabil kembali.

Sebaliknya, Timnas Kamboja terus berusaha memecah kebuntuan juga berusaha keras dalam mempertahankan gawang yang terus-menerus digempur dan dijajah. Meski beberapa kali kesempatan terbuka juga untuk mereka di area gawang Indonesia, namun bola selalu gagal dieksekusi dengan sempurna.

Masuk pada menit ke-71, keajaiban datang untuk Indonesia. Kadek Arel Priyatna berhasil mempersembahkan gol pembuka usai menerima umpan bola mati dari tendangan pojok yang dieksekusi oleh Muhammad Kafiatur, pemain dengan nomor punggung sepuluh.

Tidak puas dengan keunggulan 1-0, Garuda muda kembali memporak-porandakan pertahanan lawan. Gol kedua akhirnya tercipta di menit ke-86 lewat M. Iqbal Gwijangge. Tendangan tepis yang dilakukan olehnya usai menerima umpan dari tendangan pojok itu berbuah gol.

Rotasi yang dilakukan oleh pelatih Indra Sjafri di babak kedua sukses membuahkan hasil dan membawa Tim Indonesia bersinar. Hingga waktu tambahan tiga menit habis, Kamboja tidak mampu mengejar ketertinggalan. Dengan ini Indonesia kembali memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 setelah membungkam Filipina 6-0 pada 17 Juli lalu.

Timnas Indonesia akan menyelesaikan pertandingan akhirnya di babak fase grup A pada Selasa, 23 Juli 2024 pukul 19.30 Wib dengan menjamu Timnas Timor Leste. Sementara Kamboja akan berhadapan dengan Filipina di sore hari pada hari yang sama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline