Lihat ke Halaman Asli

Pecandu Sastra

Blogger dan Penulis

Pesta 6-0 Australia Bungkam Laos di Fase Grup B Piala AFF U-19

Diperbarui: 18 Juli 2024   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Timnas Australia. Foto oleh footballaus/ig. Ist

Tepat pada pukul 15.00 waktu Indonesia bagian Barat (Wib) wasit meniup peluit membuka pertandingan di babak pertama antara Tim Nasional (Timnas) Laos melawan Timnas Australia dalam kejuaraan Asean Football Federation Championship atau Piala AFF U-19 Tahun 2024 yang diadakan di Indonesia. 

Berlangsung di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Jawa Timur pada Kamis, 18 Juli 2024 - pertandingan dimulai dengan penuh keseruan yang tercipta oleh kedua kesebelasan. Baik Timnas Laos maupun Australia sama-sama tidak mau kalah, mereka saling unjuk gigi, saling serang satu-persatu berusaha mematahkan pertahanan gawang lawan. Namun, hingga memasuki lima belas menit perdana kedua tim belum mampu menciptakan satu pun gol.

Dan, di menit ke-16 dengan sangat cantik akhirnya Australia berhasil membobol pertahanan Laos. Satu gol tercipta perdana oleh Sulemani usai mengecoh pemain Laos dari dalam kotak penalti. Lagi, pada menit ke-26 Ario Sulemani mencetak gol kedua usai mendapatkan umpan dari sang kapten. Keadaan kosong di sekitar gawang lawan dimanfaatkan dengan baik olehnya dan berbuah gol membawa Australia unggul 2-0.

Pemain Laos dengan nomor punggung 20 di menit ke-28 mencoba peruntungan dengan tendangan dari luar kotak penalti ke arah gawang Australia, sayangnya hal tersebut dengan mudah ditepis oleh kiper Australia yang jauh lebih tinggi dari pemain lain.

Pertandingan semakin sengit, di menit ke 45+3 Australia hampir mencetak gol ketiganya melalui Jesse Hoey, sayang sekali hal itu dianggap tidak sah karena offside. Namun tak berselang lama, pada menit 45+4 di detik akhir menjelang turun minum, Timnas Australia akhirnya sah menambah satu gol lewat James Younis membawa mereka unggul 3-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, kedua tim bermain dengan baik. Pergantian pemain menyegarkan suasana, keduanya semakin kuat dan berstamina. Serang demi serangan kembali dilakukan keduanya, Australia berusaha menambah poin dibabak ini dan Laos yang tertinggal 3-0 berusaha bangkit. Berkali-kali pemain Laos mencoba mengacak-acak pertahanan di depan gawang, namun keberuntungan belum nampak pada mereka. Pun demikian Australia juga belum berhasil menambah poin.

Masuk pada menit ke 73 James Younis dengan nomor punggung 7 berhasil menorehkan gol keduanya dalam laga ini, usai mendapatkan umpan dari Markus di depan gawang. Hal ini menjadikan tim Asuhan Trevo Morgan semakin unggul dengan skor 4-0 atas Laos.

Di menit ke-89 Jake Najdovski mempersembahkan gol perdananya di laga pembuka fase grup B Piala AFF U-19 tahun 2024 hari ini. Pemain Laos yang semakin terkuras semangat dan staminanya kian berhasil diungguli oleh Timnas Australia.

Tak berselang lama, pemain Laos dengan nomor punggung 7 berhasil menggiring bola hingga ke sisi kanan gawang Australia. Bola yang diumpan ke pemain nomor 11 itu gagal dieksekusi, berhasil digagalkan oleh lawan dengan sangat cepat.

Di menit akhir injury time babak kedua, tepatnya menit ke 90+4 Jake Najdovski kembali menyumbang satu gol terakhir untuk Timnas Negeri Kangguru. Tendangan lurus di depan gawang dari luar kotak penalti itu berhasil merontokkan pertahanan anak asuh Kanlaya Symsomvang untuk kedua kalinya. Dengan ini Australia memenangkan laga dengan pesta gol 6-0 atas Laos.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline