Lihat ke Halaman Asli

Pecandu Sastra

Blogger dan Penulis

Daftar Pemenang Piala AFF U-16 2024 di Indonesia

Diperbarui: 4 Juli 2024   01:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Antara. Ist

Pagelaran ASEAN Football Federation Championship atau Piala AFF U-16 tahun 2024 yang diselenggarakan di Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari Surakarta, Jawa Tengah sejak Jum'at, 21 Juni usai dilaksanakan dengan sukses.

Sebanyak 12 tim yang berpartisipasi telah menampilkan yang terbaik. Kejuaraan pun usai digelar pada Rabu, 3 Juli 2024 dan Tim Nasional (Timnas) Australia berhasil keluar sebagai juara, lalu Thailand sebagai runner-up, serta Indonesia meraih posisi ketiga.

Timnas Australia berhasil unggul di fase grup, memperoleh dua kemenangan dan satu seri - dengan rincian; 0-0 atas Thailand, 2-0 saat berhadapan dengan Malaysia, dan 12-0 ketika melawan Timor Leste. Di semifinal Australia unggul 5-3 atas Indonesia dan 1-1 saat berlaga melawan Thailand di final yang diakhiri dengan pinalti 8-7. Total gol yang dicetak oleh Australia ialah 20.

Sedangkan, Timnas Thailand berhasil mengumpulkan 12 gol selama pertandingan. Merupakan runner-up terbaik dari grup yang sama dengan Australia dan memperoleh dua kali kemenangan serta satu kali seri di fase grup; 0-0 Australia, 6-0 atas Timor Leste, dan 3-1 atas Malaysia. Di semifinal unggul 2-1 dari Vietnam.

Timnas Indonesia memperoleh 20 gol secara keseluruhan, 12 dari fase grup  dan 8 dari laga semifinal serta perebutan posisi ketiga, dengan empat kemenangan dan satu kali kalah. 3-0 atas Singapura, 3-0 saat menjamu Filipina, 6-1 kala bertemu Laos, serta 3-5 ketika melawan Australia, dan 5-0 di laga terakhir menghadapi Vietnam.

Selain juara utama, runner-up, dan juara ketiga. Kejuaraan AFF juga turut memberikan tiga kategori penghargaan yang diberikan secara individu kepada para pemain. Best Gol Keeper atau Kiper terbaik diberikan kepada Supakorn Poonphol dari Thailand, yang juga turut mencetak satu gol saat adu penalti dengan Australia di laga final.

Lalu, kategori Top Score (pencetak gol terbanyak) diberikan ke tiga pemain; Quinn Macnicol dan Anthony Dadicula dari Australia, serta Nguyen Viet Kong dari Vietnam. Sedangkan untuk kategori Best Player atau pemain terbaik berhasil diraih oleh Muhamad Sahaby Gholy dari Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline