Lihat ke Halaman Asli

Pecandu Sastra

Blogger dan Penulis

Menguak Sisi Kehidupan dari Novel Pergi Tere Liye

Diperbarui: 10 Juni 2024   11:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Novel Pergi Karya Tere Liye. Foto Pecandu Sastra. Dokpri

Novel 'Pergi' merupakan seri kelanjutan dari buku sebelumnya yang berjudul 'Pulang', adalah buku keempat dari sekuel aksi karya salah satu penulis hebat tanah air; Tere Liye. Sebuah kisah tentang menemukan tujuan, kemana hendak pergi, melalui kenangan demi kenangan masa lalu, pertarungan hidup dan mati untuk memutuskan kemana langkah kaki akan dibawa.

Masih berkisah tentang Bujang atau Agam alias Si Babi Hutan yang menguasai seluruh jaringan perekonomian dan berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian. 

Bedanya, jika pada Novel Pulang, Bujang masih berstatus sebagai anggota keluarga Tong, namun di novel kali ini kehidupannya makin berbeda, setelah ditinggal oleh orang-orang terdekatnya; seperti mamak, bapak, Teuku Besar, dan beberapa guru yang mengajarinya. Bujang akhirnya diangkat menjadi Teuku Besar menggantikan peran Teuku Besar sebelumnya dan mengambil alih semua peranan.

Pembahasan dan alur konflik, tidak jauh berbeda dengan novel Pulang, karena keduanya memang masih satu serial. Shadow ekonomi yang merupakan sistem ekonomi bahwa tanah yang menguasai seluruh jaringan perekonomian dan berperan penting dalam mengerakkan roda perekonomian dunia, yang tidak banyak diketahui orang masih menjadi topik dan konflik utama.

Meski demikian, Novel ini tidak kalah menarik untuk kita ikuti. Karena semakin banyak pengetahuan, wawasan, dan pemahaman baru yang disajikan oleh penulis.

       Baca juga: Kabar Duka Pagi Ini 

Para penguasa shadow ekonomi bisa memainkan peran besar baik di dunia politik, militer, melebihi pemerintah yang berkuasa. Selagi pemerintahan yang berkuasa tidak membuat masalah dengan mereka,  maka kehidupan bisa berjalan normal. Namun jika pemerintah membangkang, pemimpin yang berkuasa pun dapat ditumbangkan. 

"di Negara-negara berkembang; partai politik, jabatan, dan kekuasaan tidak lebih adalah mata pencaharian kelompok tertentu. Politisi hanyalah serigala rakus yang memakai topeng seolah baik - mereka bukan patriot, juga jauh dari idealis, uang adalah segalanya bagi mereka." -- Halaman 174.

Membaca buku serial aksi ini menjadi menarik, karena kalau kita jeli dan teliti, ada benarnya juga apa yang dibahas dalam buku-buku ini terkait hal-hal yang terjadi di lingkung pemerintahan dalam suatu kekuasaan. Ada semacam ruang untuk berdialektika bagi para pembaca, membuka cakrawala pikiran yang menjadikannya untuk berpikir terhadap sesuatu yang dijadikan pembahasan dalam novel ini.

Dari sekian pembahasan, yang menarik bagiku ialah terkait kata 'pergi' yang digunakan penulis sebagai pintu. Puncaknya, ketika Bujang atau yang memiliki julukan Si Babi Hutan ini berhasil mencapai suatu kondisi yang akhirnya membuat ia jenuh dan merenung -- refleksi diri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline