Lihat ke Halaman Asli

Laily NurAzizah

Si perempuan Sulung yang ingin membuktikan takdirnya

Muslimah Back to Fitrah

Diperbarui: 24 Desember 2023   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Makna kata mukminah yakni senantiasa beriman dan senantiasa beramal sholeh. Muslimah back to fitrah sering kita temui yakni bagaimana seorang perempuan muslim bisa kembali ke fitrahnya. Fitrah artinya adalah asal suatu kejadian, keadaan yang suci, dan kembali ke awal dalam artian adalah kembali ke syariat islam.  " Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita shalihah" (HR. Muslim).

Fakta bahwa muslimah di sekitar kita sudah banyak yang jauh dari syariat, seiring perkembangan zaman terutama kemajuan media sosial semakin mengekspos muslimah dan keluar dari batas syariat yang ada dari cara berpakaian yang membuka aurot, pergaulan bebas, terlalu fanatik dalam mengidolakan artis, perilaku tidak sopan, perkataan yang  mengandung kebencian, hujatan, fitnah dan hal yang menyakiti hati sesama manusia.

Rasulullah adalah idola terbaik sepanjang masa, maka janganlah mengidolakan sesuatu yang tidak bermanfaat.  "Janganlah kalian mendekati Zina" yang merupakan larangan Allah kepada manusia untuk tidak mendekati zina, hal ini jelas bahwa hukum mendekati zina saja sudah dilarang apalagi zina dalam bentuk hubungan seksual. Padahal makna zina sangatlah luas dan tidak hanya merujuk ke hubungan seksual lawan jenis yang tidak dalam ikatan perniakhan yang sah. Beberapa jenis zina antara lain yaitu "Zina kedua mata adalah dengan melihat, zina kedua telinga adalah dengan mendengar, zina lisan adalah dengan berbicara, zina tangan dengan menyentuh yang bukan mahram, dan zina hati adalah zina dengan berangan-angan sesuatu yang haram terhadap lawan jenis.

Sebagai muslimah kita harus menjaga kehormatan dan jika berbicara dengan lawan jenis harus menjaga adab.  Hal yang perlu diperhatikan bagi muslimah agar bisa kembali ke fitrah antara lain :

  • Jangan berkhalwat atau berdua-duaan dengan yang bukan mahram , seperti halnya yang marak dilakukan oleh orang yang berpacaran, baik secara langsung atau melalui sosial media karena diantaranya pasti ada godaan syaiton
  • Hendaknya menundukkan pandangan terhadap lawan jenis yang bukan mahram, pandangan pertama tidak tercatat dosa karena tidak disengaja
  • Menjaga aurat " wanita itu aurat, jika ia keluar maka setan pun akan memperindahnya di mata laki-laki.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline