Lihat ke Halaman Asli

Alvarium IDN

E-Commerce

3 Peralatan Sekolah yang Bisa Buat Kamu Semangat Belajar Meski dari Rumah

Diperbarui: 10 November 2020   13:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Selama pandemi terjadi, tak hanya berpengaruh dalam dunia kesehatan dan ekonomi namun juga sangat berpengaruh terhadap sistem pendidikan di dunia. Di Indonesia sendiri, Pemerintah menganjurkan seluruh siswa di Indonesia untuk melakukan pembelajaran dengan sistem daring (dalam jaringan). Tak lagi bertatap muka dengan guru, kini seluruh siswa melakukan sekolah online dengan menggunakan via video call untuk mengurangi penyebaran COVID-19. Sekolah online yang berkepanjangan, membuat beberapa siswa  sangat rindu pada masa-masa belajar di sekolah dan bertemu teman-teman. Untuk mengurangi kerinduan dan tetap semangat belajar, Alvarium akan merangkum tiga peralatan sekolah yang bisa buat kamu tetap semangat  meski dilakukan dengan sekolah online. Lalu, apa saja peralatannya? Yuk simak berikut ini.

  • Buku Catatan yang Unik

Buku catatan sangat penting digunakan bagi siswa untuk menulis tiap materi yang diajarkan serta mencatat rangkuman. Walaupun saat ini sistem pembelajaran menggunakan sekolah online, siswa dapat berkreasi dengan buku catatan yang unik. Seperti halnya, kamu bisa mencari buku catatan dengan cover yang lucu, kertas yang berwarna, hingga menulis catatan materi dengan menggunakan spidol warna-warni. Dengan buku catatan yang unik dan berwarna dapat menambah rasa semangat belajar kamu agar kamu tak bosan dengan catatan kertas garis-garis bertinta hitam saja. Kamu juga bisa mengembangkan kreatifitas kamu dengan membuat sendiri buku catatan sesuai yang kamu inginkan. Wah, seru kan?

  • Rias Meja Belajar

Sistem sekolah online, mengakibatkan siswa hanya dapat belajar di rumah masing-masing. Biar kamu ga bosan belajar dirumah aja, kamu bisa rias dan desain meja belajar sesuka hati loh. Dengan merapihkan meja belajar, kamu bisa lebih semangat meski belajar dirumah. Rapihkan meja belajar kamu, desain meja belajar sesuai yang kamu inginkan dan tambahkan lampu belajar untuk membantu penerangan belajar yang dilakukan melalui laptop. Kamu juga bisa tambahkan bingkai foto teman sekolah di meja belajar, agar kamu lebih semangat belajar dan bisa merasakan kebersamaan saat di sekolah dulu. Hmm.. makin rindu teman ya?

  • Desain Alat Tulis

 Meski saat ini berlaku sekolah online, siswa tetap membutuhkan alat tulis loh. Mengapa? Karena alat tulis dapat membantu kamu untuk mencatat materi yang disajikan dengan digital. Dengan menulis materi, kamu juga bisa lebih mengingat apa saja yang diajarkan oleh guru tiap harinya. Tapi gimana ya caranya desain alat tulis sendiri? Nah, kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada dirumah untuk dijadikan tempat alat tulis, hingga pembatas buku. Contohnya, kamu bisa gunakan kaleng bekas dan tambahkan beberapa pernak-pernik untuk mempermanis tempat alat pensil. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan kertas bekas untuk pembatas buku dengan tambahan cat air. Dengan mendesain alat tulis sendiri, kamu bisa mengembangkan kreatifitas yang ada pada diri kamu dan memotivasi kamu untuk semangat menulis dan belajar.

Tiga perlengkapan belajar tadi dapat kamu gunakan untuk sekolah online dirumah loh. Kamu juga bisa dapetin perlengkapan alat tulis sekolah di Alvarium. Tanpa harus keluar rumah, dengan menggunakan platform e-commerce Alvarium, semua perlengkapan yang kamu butuhkan tersedia. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline