Lihat ke Halaman Asli

Alvarium IDN

E-Commerce

School From Home Lebih Asik dengan Peralatan Sekolah Ini!

Diperbarui: 5 November 2020   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

            Kegiatan belajar mengajar saat ini memanglah sesuatu hal yang baru bagi seluruh pelajar, baik ditingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri bagi para pelajar untuk belajar dari rumah, karena belajar dari rumah dengan belajar secara tatap muka memiliki perbedaan. Hal ini yang membuat pelajar harus mampu menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini.

            Walaupun kegiatan belajar dari rumah ini terdengar mudah dan tidak melelahkan seperti belajar dari sekolah, namun aktivitas belajar dari rumah tidak sepenuhnya mudah bagi pelajar. Seluruh kegiatan belajar yang dilakukan secara online, terkadang justru membuat para pelajar merasa kesulitan untuk fokus. Maka dari itu, ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan oleh orang tua, atau bahkan kamu sendiri sebagai seorang pelajar. Agar proses belajar dari rumah tetap fokus dan produktif. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk belajar dari rumah? Berikut hal yang perlu kamu siapkan untuk belajar dirumah.

  • Laptop atau Gadget

Belajar dari rumah tentu nya menuntut siswa untuk memiliki peralatan canggih seperti laptop atau pun gadget, ini diperlukan untuk menunjang aktivitas kelas online. Untuk itu pastikan laptop atau gadget kalian dapat bekerja dengan baik dan tidak lemot saat digunakan untuk melakukan kegiatan belajar online.

  • Kuota atau Wi-Fi

Untuk menggunakan peralatan canggih seperti laptop atau gadget tentu kamu membutuhkan jaringan internet untuk dapat menggunakan akses lebih laptop atau gadget kamu. Jika kamu menggunakan kuota internet untuk gadget kamu, ada baiknya mempersiapkan kuota agar pada saat kelas online kamu tidak kehabisan kuota. Dan kamu juga bisa menggunakan wi-fi agar jaringan internet kamu selalu stabil.

  • Meja dan Kursi Belajar

Jika kamu pelajar dan merasa bahwa kalau belajar sambil rebahan di kasur itu membuat mu lebih nyaman dan rileks. Pada kenyataan nya jika kamu rebahan sambil belajar terlalu lama, justru akan membuat tubuh terasa pegal dan konsentrasi pun jadi buyar atau bahkan bisa sampai ketiduran. Maka dari itu, ada baik nya jika kamu belajar dengan menggunakan meja dan kursi yang nyaman untuk belajar. Gunakan kursi yang memiliki sandaran agar kamu tidak pegal bahkan jika seharian berada didepan laptop.

  • Alat Tulis 

Biasanya pada setiap awal tahun ajaran baru, siswa sangat bersemangat untuk pergi ke sekolah dengan peralatan tulis baru yang lengkap. Walaupun tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada salah nya jika kamu juga mempersiapkan alat tulis yang berkualitas untuk membuat mu menjadi lebih semangat pada belajar online saat ini.

  • Buku Pelajaran

Hal terakhir yang kamu butuh kan adalah buku pelajaran yang telah diberikan atau bahkan yang telah kamu siapkan sendiri. Buku akan sangat membantu mu dalam melakukan belajar dari rumah. Kamu bisa mencatat hal-hal penting yang telah disampaikan oleh guru kedalam buku catatan kamu.

            Itu dia 5 Peralatan yang kamu butuhkan untuk belajar dari rumah agar lebih semangat. Memang untuk perlengkapan yang dibutuhkan untuk belajar dari rumah tidaklah murah. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena orang tua atau bahkan kamu sendiri bisa membeli kebutuhan belajar di e-commerce Alvarium.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline