Lihat ke Halaman Asli

Alvarium IDN

E-Commerce

Ingin Bisnis Online Semakin Maju? Lakukan 3 Cara Ini untuk Kepuasan Pelanggan

Diperbarui: 26 Oktober 2020   17:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Berdasarkan dari berbagai strategi bisnis yang dilakukan, e-commerce menjadi urutan pertama dalam strategi bisnis online yang memberikan keuntungan menjanjikan. Maraknya e-commerce yang bermunculkan di Indonesia, sudah menjadi daya tarik pembeli untuk menentukan platform mana yang akan dipilih. 

Strategi bisnis online yang digunakan Alvarium dapat diacungi jempol karena mengutamakan produk dalam negeri yang dijual. Sehingga, strategi bisnis online yang dilakukan yakni mengembangkan para produsen Indonesia untuk berlomba-lomba meningkatkan kualitas produk dalam negeri berkualitas dunia untuk bersaing dengan produk luar yang sering dibangga-banggakan oleh masyarakat Indonesia. Dibalik kesuksesan yang diraih, kamu harus memperhatikan strategi bisnis online apa saja yang dapat memberikan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Lantas, apa saja sih yang harus dilakukan?

  1.      Berikan Promosi untuk Pelanggan

Salah satu alasan yang disukai konsumen dengan menggunakan platform e-commerce selain praktis dan mudah, sering kali para pejual memberikan promo menarik untuk konsumen. Seperti halnya, gratis ongkir, kupon diskon, hingga melakukan sale day untuk hari-hari tertentu. Hal tersebut yang perlu dilakukan penjual untuk memberikan daya tarik yang memikat bagi calo konsumen. Jaminan produk yang berkualitas pun juga menjadi pertimbangan dalam membeli sesuatu.

  1.       Layanan Penjual yang Baik

Strategi bisnis online yang perlu diketahui, yakni memaksimalkan layanan penjual yang baik bagi calon konsumen. Melakukan transaksi jual-beli secara digital, tentunya kamu tidak dapat bertatap muka dengan konsumen. Sehingga, untuk terlibat secara positif dengan konsumen, kamu bisa memanfaatkan fitur live chat yang disediakan oleh platform e-commerce seperti halnya Alvarium. 

Platform Alvarium menghadirkan live chat yang memungkinkan penjual akan bercakap langsung dengan konsumen melalui via pesan. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan konsumen dan membantu mengatasi masalah yang mereka hadapi saat berencana melakukan transaksi di toko online kamu.

  1.       Gunakan platform e-commerce yang tepat

Sejak maraknya platform e-commerce yang bermunculan di Indonesia, kamu harus memfokuskan bisnis apa saja yang akan kamu jalani. Strategi bisnis online yang perlu dilakukan yaitu dengan melakukan riset segmentasi produk dengan para calon konsumen. Apakah produk yang kamu jual akan sesuai dengan platform yang kamu gunakan atau sebaliknya. 

Sehingga loyalitas konsumen dalam membeli produk akan sesuai dengan kepuasan yang diberikan oleh penjual. Brand-brand lokal yang tak kalah bagusnya dengan produk luar, harus lebih dikembangkan untuk memberikan awareness kepada masyarakat Indonesia. 

Kehadiran platform Alvarium, menjadi titik terang bagi para produsen produk lokal untuk mengembangkan produk dalam negeri ke berbagai daerah hingga luar Indonesia. Dalam bersaing dengan produk luar negeri, Alvarium memberikan lapangan terbuka untuk para pelaku UMKM dari berbagai daerah untuk terus mengembangkan kreativitas mereka dalam mengolah produk lokal sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline