Lihat ke Halaman Asli

Ketidakpuasan Pembaca terhadap Manga Domestic Na Kanojo

Diperbarui: 4 April 2023   09:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manga Domestic Na Kanojo, secara kanji, dan Domesutikku na Kanojo secara romaji, merupakan serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kei Sasuga. Seri Domestic Na Kanojo ini termasuk di serial Majalah Shonen Mingguan Kodansha dari April 2014 hingga Juni 2020, dengan 28 volume. Manga ini dipublikasi secara digital di Inggris oleh Kodansha USA, manga ini jua diadaptasi jadi seri anime yang diproduksi oleh Diomedea dan dibroadcast dari Januari hingga Maret 2019 di MBS Animeism block. Studio Sentai pun melegalisir seri tersebut di Amerika Utara dan negara lainnya.
Sumber: Wikipedia Domestic na Kznojo Manga

Singkatnya, manga ini bercerita tentang seorang tokoh utama yang memiliki cinta segitiga kompleks, dan dalam tipe manga seperti ini biasanya ada beberapa genre khas, contohnya romansa percintaan dan juga NTR atau penikungan. Dalam manga ini ada beberapa unsur yang harus dibedah, yaitu alur cerita dan juga karakternya, dan sayangnya akhiran manga ini cukup dikecam oleh pembaca di luar sana sehingga menyebabkan kekecewaan yang menimbulkan masalah karena ceritanya terkesan sangat dipaksakan. Cinta segitiga ini terdiri atas tokoh utama, perempuan A dan perempuan B, singkatnya, di akhiran, tokoh utama diperlihatkan sudah memiliki anak bersama B, dan A sedang terbaring di rumah sakit, koma selama 2 tahun, dan cerita yang sesimpel ini dirubah oleh penulis yaitu Kei Sasuga, yang pada akhirnya membuat perempuan B melepaskan tokoh utama agar bisa hidup bersama perempuan A yang sedang koma, dan akhirnya tokoh utama dan perempuan A menikah, selesai. Tentunya hal ini terkesan dipaksakan, dan kemungkinan alur cerita ini terjadi karena ship yang diminati oleh pembaca dalam manganya, sehingga bagaimanapun cerita yang sudah terlanjur, tetap dipastikan bahwa perempuan A yang pasti mendapatkan tokoh utama, dikarenakan permintaan pembaca, dan ending ini menutup cerita manga pada 10 Juni.

Konon katanya, "Anime yang sukses adalah anime yang memiliki fandom". Fandom merupakan komunitas subkultur berisi penggemar yang berbagi ketertarikan yang sama, dan tertarik dalam hal detail atau minor sekecil apapun, ada pula komunitas yang membahas.
Sumber: Definisi Fandom

Fandom ini memang memiliki ketertarikan yang sama, namun bukan berarti semua opini anggotanya sama, ada beberapa yang kontras dan melawan satu dan lainnya, dan ini menjadi suatu masalah baru, ada peminat yang membaca demi perempuan B yang berakhir bersama tokoh utama, dan ada juga yang berada di kubu perempuan A.
Hipotesa penyebab masalah ini adalah ketidakpuasan dari pembaca, kemungkinan dari pihak kubu B, ataupun gabungan, dari pihak B kesal karena shipnya tidak berhasil, dan dari pihak A kesal karena ceritanya terlalu dipaksakan meski akhirnya ship berhasil.

Di sosial media twitter, Kei sasuga selaku penulis dan ilustrator dari manga Domestic na Kanojo memposting tweet pada hari minggu bahwa dia telah menerima penghinaan, kritik dan pelecehan berkepanjangan dalam jumlah massal, dari pengguna twitter luar negeri. Komentar dari luar negeri nampaknya merupakan reaksi pada bab terakhir manga, seri ini resmi berakhir pada 10 Juni. "Saya telah menerima banyak sekali penghinaan, kritik, dan pelecehan berkepanjangan dari pengguna twitter di luar negeri, dan ini sangat menyulitkan. Terima kasih atas semua komentar yang mendukung, itu semua benar-benar mengangkat semangat saya, tentang kritik saya telah mendapat kesan bahwa bagi banyak orang, perasaan dan sikap karakter tidak sepenuhnya disampaikan, jadi saya berpikir untuk menambahkan sedikit penjelasan ke versi volume, hasil cepat dan survei pembaca majalah positif, saya tidak benar-benar terluka, tapi ketika saya memblokir akun yang saya anggap sedikit kejam, sebuah akun baru datang pada saya dan rasanya memblokir tidak ada gunanya, setiap kali tweet saya bersiap-siap untuk dapat ejekan. Sesuai saran yang saya terima dari berbagai orang, saya pikir saya akan menahan diir untuk tidak melihat komentar apapun kecuali untuk pengumuman, namun saya akan terus memperbarui pixiv saya, saya benar benar senang dengan semua dukungan yang saya miliki diterima dari seluruh dunia. Terima kasih banyak."
Sumber: Tweet Twitter dari Kei Sasuga

Berdasarkan pernyataan dari Kei Sasuga di twitter, nampaknya ia menerima banyak sekali komentar negatif dan menyebabkan mentalnya sedikit tidak stabil. Kita ingin memberi tahu para penggemar di fandom bahwa ini sangatlah salah, seharusnya tidak ada pengancaman ke siapapun dalam cerita yang telah ditulis. Tidak ada pula yang memaksa membaca atau menonton karyanya, ini juga bisa memberikan dampak buruk pada penulis dan orang yang bekerja dibalik layar. Membuat lelucon itu boleh, selama tidak menyerang penulis dengan brutal, itu adalah imajinasinya, dan dia memiliki segala hak untuk menuangkan pikirannya ke cerita meski seiring waktu amarah ini akan terpendam dan menghilang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline