Lihat ke Halaman Asli

Hidup Sehat Mahasiswa

Diperbarui: 17 Juni 2023   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memerhatikan semua aspek kondisi kesehatan seseorang. Tak hanya soal makanan, tapi juga kebiasaan orang itu dalam menjalani gaya hidup. Kesehatan adalah hal penting yang mendukung semua kegiatan dan aktivitas yang kita lakukan. Pola hidup sehat adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kesehatan. Manfaat pola hidup sehat adalah dapat terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit di organ dalam dan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar

Menjadi seorang mahasiswa menandai salah satu proses tumbuh dewasa yang umumnya juga dipengaruhi dengan adanya aktivitas maupun kegiatan yang semakin padat. Terlebih jika berada di perantauan. Karenanya, terdapat beberapa tips atau pola hidup sehat bagi pelajar maupun mahasiswa yang perlu Anda ketahui dan lakukan. Menjadi seorang mahasiswa menandai salah satu proses tumbuh dewasa yang umumnya juga dipengaruhi dengan adanya aktivitas maupun kegiatan yang semakin padat. Terlebih jika berada di perantauan. Karenanya, terdapat beberapa tips atau pola hidup sehat bagi pelajar maupun mahasiswa yang perlu Anda ketahui dan lakukan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan pola hidup yang tidak sehat bagi mahasiswa yang tinggal di kos :

1. Lupa dengan waktu

2. Bingung dalam memilih makanan

3. Ingin berhemat

4. Tidak berolahraga

Gaya hidup tidak sehat akan berdampak pada kesehatan tubuh kita seperti Sindrome Metabolik. Ini adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Beberapa tips hidup sehat bagi mahasiswa antara lain, rencanakan makanan untuk satu hari penuh, masak makanan dan bawa bekal, utamakan membeli makanan daripada shoping hindari membeli Fast Food, tidur cukup, dan olahraga. Tidak ada alasan bagi mahasiswa yang sedang berhemat untuk tidak memperhatikan kesehatan. Dengan tips di atas kesehatan sebagai mahasiswa tetap bisa terjaga. Kamu juga bisa menunjang kesehatan dengan konsumsi suplemen dan vitamin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline