Lihat ke Halaman Asli

Compute Expert

Excel Enthusiast

Jadwal Produksi Otomatis Bagi Perusahaan Menggunakan Basis Microsoft Excel

Diperbarui: 20 November 2020   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

              Coba bayangkan bagaimana jika pekerjaan yang selama ini dikerjakan oleh orang-orang di perusahaan dalam waktu beberapa hari, bisa dikerjakan dalam waktu beberapa jam saja? Tentunya akan sangat berarti bagi efektifitas dan efisiensi perusahaan dan pada akhirnya akan berujung pada peningkatan produktifitas. Waktu yang tersisa dari peningkatan efektifitas dan efisiensi pun dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

Nah, hal ini bisa diwujudkan dengan program yang dibuat oleh software sederhana seperti Microsoft Excel. Contohnya? Salah satu yang pernah saya buat dalam cakupan tersebut adalah jadwal produksi otomatis bagi pabrik sebuah perusahaan. Dalam prakteknya selama ini, seringkali untuk menentukan kapasitas produksi yang diperlukan di dalam suatu pabrik setelah mendapatkan proyeksi permintaan dari PPIC selama jangka waktu tertentu, dibutuhkan beberapa hari untuk menghitung rencana produksi yang tepat untuk pabrik agar bisa berjalan dengan baik dan memenuhi proyeksi permintaan yang telah digariskan.

Belum lagi jika terdapat perbedaan antara kondisi real dan proyeksi, maka diperlukan perhitungan ulang yang bisa memakan waktu cukup lama. Microsoft Excel mempunyai kekuatan untuk menjawab hal tersebut dan menjadikan pekerjaan tersebut hanya memerlukan beberapa jam saja dengan pembuatan program penjadwalan produksi otomatis.

              Program penjadwalan produksi otomatis adalah sebuah program yang dapat dibuat dari Microsoft Excel, menggunakan proyeksi demand sebagai input program untuk kemudian memproyeksikan berapa jumlah produksi yang diperlukan untuk setiap shift produksi/hari dan berapa persediaan yang minimum untuk setiap harinya. Program ini juga bisa didesain agar mampu  beradaptasi mengikuti perubahan harian yang terjadi hanya dengan memasukkan input kondisi real dari tingkat jumlah persediaan dan demand jika terjadi perbedaan dibandingkan dengan proyeksi. Setelah input untuk masing-masing variabel tersebut dilakukan, maka kalkulasi terbaru untuk ke depannya dapat dilakukan secara otomatis.

              Dalam membuat program penjadwalan produksi otomatis ini, hal utama yang diperlukan adalah menentukan batasan untuk program tersebut. Dalam hal ini, setiap pabrik tentu mempunyai ketentuan dalam produksinya masing-masing, yang membuat penjadwalan produksi otomatis tentunya perlu disesuaikan dengan ketentuan tersebut. Yang perlu diperhatikan di sini terutama adalah sistem aliran barang serta waktu produksi yang diperlukan. Kedua hal ini menjadi penting dalam menentukan backbone dari program excel yang akan dibuat.

Selain itu, berdasarkan pengalaman saya membuat programnya, juga diperlukan untuk memberitahukan semua ketentuan batasan program Excel yang akan dibuat seawal mungkin. Hal ini diperlukan agar program tidak menjadi berat ketika diselesaikan dan juga bisa diselesaikan dengan lebih cepat.  Program penjadwalan produksi otomatis dibuat kebanyakan dengan menggunakan formula untuk mencari data, perhitungan, serta penyesuaian kondisi. Program yang dibuat dengan benar akan dapat membantu Anda dalam mewujudkan lingkungan kerja yang lebih bersahabat bagi para supervisor pabrik perusahaan Anda

              Tertarik mempelajari lebih jauh mengenai program penjadwalan produksi otomatis untuk perusahaan Anda atau mungkin mempelajari area lainnya yang bisa ditingkatkan efektifitas efisiensinya melalui program sederhana seperti Excel? Silahkan kunjungi Compute Expert atau email ke compute.group@gmail.com, terbuka bagi yang ingin diskusi atau konsultasi mengenai Excel tersebut . Pada beberapa artikel berikutnya, saya akan mencoba membahas mengenai aplikasi Excel untuk efektifitas efisiensi di bidang perusahaan lainnya seperti pemasaran, HRD, penjualan, finance, dsb. Semoga bermanfaat dan tidak membosankan Anda

              Bagaimana menurut Anda sendiri mengenai praktek Excel untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi perusahaan? Silahkan email ke compute.group@gmail.com juga atau komentari artikel ini untuk diskusi

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline