Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi 4 Pilar Penting bagi Pemilih Pemula

Diperbarui: 14 Agustus 2018   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pemilih pemula adalah salah satu sasaran yang dianggap perlu untuk diberikan pemahaman tentang undang-undang pemilu. Untuk itu pada acara sosialisasi 4 pilar yang diselenggarakan di SMAN 1 Negerikaton, Kab. Pesawaran ini, H. Zulkifli Anwar yang merupakan anggota komisi II DPR RI, memberikan pemahaman yang dapat dijadikan bekal bagi para siswa untuk pada saatnya nanti menggunakan hak pilihnya.

dokpri

Pemilih pemula di Indonesia kebanyakan masih pelajar tingkat SLTA ataumahasiswa.Mereka biasanya dianggap paling mudah terpengaruh dan riskan dimobilisasi saat pelaksanaan pemilu.  Selain pemahaman akan peraturan negara terkait pemilu, pemilih pemula juga perlu diberikan pengarahan dan pendekatan nyata agar tidak terindikasi dengan budaya--budaya yang tidak sejalan dengan ajaran agamadan norma pancasila.

Dalam acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 Agustus 2018 dan dihadiri oleh sekitar 250 peserta ini juga disampaikan beberapa pertanyaan mengenai cara memilih pemimpin dan wakil rakyat yang amanah, cara menghindari golpul, antisipasi maraknya politik uang, dan juga mengenai tugas dan kewajiban anggota dewan di parlemen.

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline