Lihat ke Halaman Asli

Prof.Dr.Noor Zaman Khan MD.PhD

Spesialis Kesehatan & kecantikan

Masalah Seks Pada Wanita

Diperbarui: 19 Oktober 2021   15:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wanita & Kesehatan by Dr.NZK

Ketika anda memiliki masalah seks, disebut sebagai "Disfungsi seksual" oleh dokter. Baik pria maupun wanita dapat mengalaminya. Ada 4 jenis masalah seksual pada wanita, antara lain:

  1. Keputusasaan ketika  tidak tertarik pada seks atau sugestif secara seksual.
  2. Gangguan stimulasi ketika tidak distimulasi atau tidak dapat mempertahankan gairah seksual.
  3. Gangguan orgasme ketika tidak dapat mencapai orgasme atau merasakan sakit selama orgasme.
  4. Gangguan pelecehan seksual saat merasakan sakit selama atau setelah berhubungan seks.

Ada banyak hal yang bisa menimbulkan masalah dalam kehidupan seksual. Misalnya Obat-obatan tertentu seperti kontrasepsi oral dan obat kemoterapi, penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi, penggunaan alkohol berlebihan atau infeksi vagina dapat menyebabkan masalah seksual. Depresi, masalah hubungan  atau pelecehan juga dapat menyebabkan disfungsi seksual.

Anda mungkin mengalami penurunan hasrat seksual selama kehamilan, baik setelah melahirkan atau selama menyusui. 

Kemudian Setelah menopause, banyak wanita merasa kurang bernafsu, kekeringan pada vagina atau terangsang secara seksual sebagai akibat dari penipisan estrogen (hormon dalam tubuh). 

Stres kehidupan sehari-hari juga mempengaruhi kemampuan berhubungan seks. Selain itu kelelahan berlebihan dari pekerjaan atau perawatan anak dapat memengaruhi hasrat seksual. Atau mungkin bosan melakukan hubungan seksual yang sama.

Hingga sekarang 70% pasangan pernah mengalami masalah seks pada suatu saat selama hubungan mereka. Sebagian besar wanita mengalami pengalaman seks yang tidak menyenangkan pada waktu-waktu tertentu dalam hidup mereka. 

Ini tidak selalu berarti bahwa Anda memiliki masalah seksual. Jika Anda tidak ingin melakukan hubungan seks atau itu tidak pernah menyenangkan, maka Anda mungkin memiliki masalah seksual. 

Sampaikan kekhawatiran Anda ke dokter. Ingatlah bahwa setiap diskusi yang anda lakukan dengan dokter bersifat rahasia dan dokter dapat membantu menemukan penyebab dan perawatan yang tepat untuk menangani disfungsi seksual anda.

Bagaimana solusinya?

Cobalah mengubah rutinitas Anda. Misalnya, anda dapat mencoba berhubungan seks di waktu yang berbeda atau berpindah posisi. Gangguan stimulasi seringkali dapat diatasi dengan menggunakan krim vagina atau pelumas seksual untuk kekeringan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline