Lihat ke Halaman Asli

Masykur A. Baddal

TERVERIFIKASI

Blogger dan Vlogger

JNE Keren, Mau Tahu Kenapa?

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14155539141195493075

[caption id="attachment_334290" align="aligncenter" width="314" caption="Ilustrasi"][/caption]

By. Masykur A. Baddal - Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, serta bertambahnya aneka kebutuhan pokok manusia, yang terkadang berada di suatu wilayah yang berbeda. Maka layanan jasa kurier atau pengantaran paket terasa sangat dibutuhkan. Bahkan, layanan jasa tersebut dituntut supaya dapat memberikan servis ekstra kepada semua kostumernya. Baik dalam hal kecepatan distribusi paket, kecermatan serta keamanan paket selama dalam perjalanan, hingga sampai ke alamat si penerima.

Jasa kurir ini memang sebelumnya hanya didominasi oleh Pos Negara. Mengingat ketika itu hanya Pos Negara saja yang mempunyai jaringan distribusi, sampai ke berbagai pelosok daerah nusantara. Begitu juga ke berbagai kota dunia, yaitu dengan memanfaatkan kerjasama jaringan pos dunia yang ada pada setiap negeri di planet bumi ini.

Memasuki tahun 2000an, dengan semakin menjamurnya pertumbuhan bisnis retail online, yang dipelopori oleh toko-toko online, dikelola secara mandiri oleh perseorangan, maka jasa kurir pun mulai banyak bertumbuhan di mana-mana. Mereka berlomba menawarkan berbagai paket pengiriman menarik dengan harga sangat ekonomis serta bersaing. Namun apa mau dikata, bisnis tidak selalu mengarah kepada trend positif, apalagi jika komitmen perusahaan tidak dapat dipertahanakan. Sehingga harus siap dengan semua kemungkinan, termasuk  yang terburuk sekalipun, atau isitlah umumnya adalah bangkrut.

JNE adalah salah satu perusahaan kurir nasional yang mampu bertahan dengan trend positif hingga detik ini. Walaupun cikal bakalnya lahir dari perusahaan jasa kurir TIKI, namun JNE telah memberikan warna tersendiri dalam pelayanan jasa kurir nasional. Komitmen tinggi dalam memberikan pelayanan kepada kostumer, adalah salah satu kunci sukses JNE, sehingga menjadi salah satu perusahaan kurir terpecaya di Indonesia saat ini.

Di saat perusahaan jasa kurir nasional lainnya masih berkutat menggunakan sistem manual dalam melacak keberadaan paket yang sedang terkirim, JNE dengan kemajuan aplikasi teknologi informasinya, telah menerapkan sistem Online Tracing. Sehingga dengan sistem tersebut sangat membantu dalam usaha melacak keberadaan serta status paket yang sedang dikirim. Dan faktor ini pula yang membuat para pelaku retail online, memberikan kepercayaan penuh kepada JNE untuk mendistribusikan produknya kepada para pembeli mereka.

Penulis sendiri mempunyai kesan sangat positif dengan pelayanan yang diberikan oleh JNE. Terutama dalam layanan jasa kurir internasional. Karena bergerak di bidang ekspor barang makanan, maka sebelumnya kerap mengirim sample-sample produk kepada calon buyer internasional dengan menggunakan jasa kurir mapan lainnya. Namun kebiasaan tersebut mulai berubah, saat seorang sahabat menyarankan untuk menggunakan jasa JNE dalam pengriman sample ke luar negeri. Alasannya, disamping harga lebih murah, waktu dan keamanan barang pun sangat terjamin. Hal itu disebabkan oleh laporan beberapa calon buyer, yang mengatakan bahwa sample yang mereka terima selama ini dalam kondisi rusak, atau tidak dengan packing yang baik. Namun, setelah menggunakan jasa JNE, komplain serupa tidak pernah penulis terima lagi.

Setelah menggunakan jasa JNE beberapa waktu lamanya, sebagai refleksi rasa loyalitas atas pelayanan prima selama ini. Penulis mengajukan aplikasi untuk menjadi salah satu agen penjualan produk JNE di wilayah DKI Jaya. Dengan pertimbangan, sambil berbisnis toh bisa juga mengambil manfaat keuntungan dengan JNE. Akhirnya, dengan syarat yang tidak terlalu pelik, sebuah kantor kecil Agen JNE di salah satu pojok kota Jakarta pun resmi beroperasi.

Perlu diketahui, JNE mempunyai produk-produk yang sangat menarik, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kostumernya. Diantara produk tersebut adalah: Paket Diplomat yaitu layanan pengiriman barang/dokumen yang sangat berharga dan rahasia. Paket Super Speed, layanan hari ini kirim, hari ini sampai. Paket Yes, layanan hari ini kirim besok sampai dengan waktu pengantaran maksimal jam 24.00 besoknya. Paket Reguler, layanan pengiriman ke seluruh kota/kabupaten/kecamatan di Indonesia. Paket OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) serta Paket Kiriman Motor, Paket Trucking dan Paket Kiriman Internasional.

Memasuki ulang tahun JNE yang ke-24, yaitu tanggal 26 November 2014 mendatang, sebagai perusahaan jasa kurir nasional yang sudah sangat matang di bidangnya, tentu saja kita sebagai pengguna setia jasa JNE, sangat mengharapkan adanya gebrakan serta inovasi baru dalam bidang jasa kurir ini. Di samping terus menyempurnakan kelemahan-kelemahan yang didapat, selama 24 tahun melayani publik Indonesia. Dimana pada akhirnya, JNE akan menjadi panutan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang sama di republik ini, dalam melayani seluruh rakyat Indonesia.

Salam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline