Lihat ke Halaman Asli

Operator, Content Provider, SMS Premium; Siapa Untung, Siapa Buntung?

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Well,,,akhir-akhir ini banyak beberapa PENGADUAN tentang hilangnya PULSA user (pengguna Handphone baik GSM dan CDMA) ,,atau sering kita kenal dengan kasus SEDOT PULSA..apa sih sebenarnya SMS Premium,,dan apa hubungannya dengan SEDOT PULSA ...

Kok bisa yah Pulsa kita di-sedot ...sampe habis lagi???

SMS Premium adalah layanan yang dibuat operator sebagai Layanan Value Added Service (VAS) ,,Ini adalah layanan TAMBAHAN yang disediakan Operator bagi para Customer yang misalnya: butuh hiburan. Kita cukup dial, contohnya : *123# dan bisa pilih jenis layanan apa yang kita inginkan.Layanan tambahan ini jelas saja tidak gratis.Sekali pilih ,anda akan terkena pemotongan pulsa sebesar Rp 1000,- s.d Rp 2.000 .. Cukup mahal bukan? apakah bermanfaat? ini contoh konten yang bisa anda beli :

Resep Masakan :
NASI GORENG ANEKA RASA buat sarapan di hari libur.Panaskan mentega lalu tumis bawang putih hingga harum.Masukkan udang kupas,aduk hingga berubah warna.Masukkan kacang polong,jamur merang,daun bawang,kecap ikan dan minyak wijen.Aduk rata,tambahkan garam dan merica secukupnya.Terakhir masukkan nasi putih,aduk hingga kering dan pecahkan telur di atas.

Atau ini :
Mau Tau Hadits Sunat mencium Hajar Aswad dalam tawaf? Hadis riwayat Umar bin Khathab ra.: Ketika Umar bin Khathab mencium Hajar Aswad (batu hitam), ia berkata: Demi Allah, aku tahu bahwa engkau hanyalah sebongkah batu, seandainya aku tidak melihat Rasulullah saw. menciummu, niscaya aku tidak akan menciummu. (Shahih Muslim No.2228)

Bermanfaatkah? tentu masing-masing kita punya pendapat.

Untuk membeli layanan SMS Premium ada 2 cara:
1. Sekali Beli (Biasanya harga sekali beli Rp 1.000 s.d Rp 2.000, tapi dengan memilih SEKALI BELI anda tidak akan mendapatkan SMS Premium secara otomatis seperti layaknya anda mendaftar langganan (REGISTRASI))
2. Langganan (jika anda langganan,maka untuk layanan yang anda daftar akan dikirimkan SMS Premium otomatis ke Hanphone anda dengan harga bervariasi antar Rp 1.000,- s.d Rp 2.000,- ) Biasanya banyak Penyedia Jasa layanan SMS Premium memasang iklan: (ini hanya contoh yaa) daftar dengan cara REG GAME kirim ke 9xxx (xxx adalah tiga digit angka) ...Ketika anda mengirimkan REG GAME ke nomor 9xxx via sms,maka secara otomatis anda MENDAFTAR Fitur langganan.Dengan mendaftar fitur langganan ,maka setiap anda meneriman SMS dari Nomor 9xxx,maka anda akan terkena PEMOTONGAN Pulsa antara Rp 1.000 s.d Rp 2.000 per sekali terima SMS.Jika harga per-sms nya Rp 2.000 ,dan anda menerima 3 sms,berarti Pulsa anda akan terpotong Rp 2.000 x 3 = Rp 6.000,-. Biasanya dalam satu hari pelanggan akan mendapatkan 2 s.d 3 sms per hari.Jadi kalau 2 saja, Rp 2.000 x 2 = Rp 4.000,- per hari..jika kita konversi ke bulan , maka Rp 4.000 x 30 hari = Rp 120.000,-
itu jika anda langganan hanya 1 layanan saja.Kalo anda mendaftar di 2 layanan,maka per bulannya anda menghabiskan Rp 120.000 x 2 = Rp 240.000,- ..wow.. inilah mengapa pemakaian pulsa anda akan terasa sangat boros.Bandingkan dengan tarif SMS biasa:

Untuk mengirimkan 1 pesan pendek / sms anda hanya membutuh kan Rp 125,- (tergantung operator),,,dengan Rp 120.000 anda dapat mengirimkan 900 an sms lebih ...

aGaR lebih MeNaRik perhatian,dan mengharapkan user mau mendaftar langganan,,biasanya USER di-iming imingi hadiah,,misal: (ini hanya contoh saja ya,,nomor SHORTCODE nya pun hanya contoh) Dapatkan Motor Yamaha MIO dengan mengetikkan REG MOTOR,kirim ke 9xxx (xxx adalah 3 digit angka).Biasanya eh sudah biasanya jika ada "janji janji surga" user sering TERJEBAK...siapa sih yang gak mau dapet motor hanya dengan kirim SMS doang?

Harapan ingin dapet motor,eh malah kepotong pulsa tiap hari sebesar Rp 4.000,- ... Di akhir bulan, Pulsa Rp 120.000,- pun melayang,sementara motor tak kunjung datang.

Siapa Untung ... siapa buntung?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline