Lihat ke Halaman Asli

Juli Nugroho

Brand-Marketing-Service Excellence Professional.

Apa Core Value Bisnis Anda?

Diperbarui: 9 Maret 2021   07:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Core Value atau Nilai Nilai utama yang dimiliki seseorang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan seseorang. Core Value ini dapat diibaratkan sebagai bintang penuntun atau juga kompas penunjuk jalan yang mengarahkan setiap langkah kaki kita dalam mengarungi samudera kehidupan.

Perusahaan sebenarnya juga dapat diumpamakan sebagai seorang manusia, Ia juga memiliki Core Value atau Nilai Nilai Utama yang menjadi pegangan para pemimpin perusahaan dalam mengambil keputusan. Biasanya Corporate (Core) Values ini merupakan cerminan nilai nilai yang dianut oleh para founders perusahaan itu. Sejalan dengan waktu dan perkembangan perusahaan, maka nilai nilai ini dikomunikasikan kepada kepada para karyawan dan generasi berikutnya melalui program internalisasi nilai. 

Hal ini sangat penting seperti yang diungkapkan oleh Terrence E. Deal / Allan A. Kennedy dalam bukunya masyhur, Corporate Culture, jika karyawan tahu untuk apa perusahaan itu didirikan, maka mereka jauh lebih memungkinkan untuk membuat keputusan yang akan mendukung standar tersebut

Hal ini seperti diungkapkan oleh Robert Haas (CEO Levis Strauss) bahwa nilai nilai/values adalah dasar dari budaya perusahaan. Sebagai inti dari filosofi perusahaan untuk mencapai kesuksesan, nilai-nilai memberikan arah bagi semua karyawan dan sebagai pedoman untuk perilaku sehari-hari mereka.

Core Value ini akan menjadi penuntun bagi pemimpin perusahaan dalam mengambil  keputusan, apakah keputusan ini sejalan dengan core value atau malah bertentangan. Ron E Disney Co Founder Walt Disney Company pernah menyatakan Its Not Hard To Make Decision Once You Know What Your Values Are. Jadi memahami Values secara sungguh sungguh akan memudahkan perusahaan dalam mengambil berbagai langkah strategis. Setiap keputusan akan ditempuh akan difilter dengan nilai-nilai perusahaan.

Dalam tulisan ini, saya akan mengupas studi kasus dari sebuah brand minuman di AS. Brand ini mempercayai bahwa dengan berbuat baik maka hal yang baik juga akan kembali padamu. Demikian pula sebaliknya. Mereka mempercayai adanya Karma. 

Karma inilah yang menjadi core value, yang menjadi landasan sebuah Brand  bernama  KARMA yang diproduksi oleh : Karma Culture LLC, sebuah perusahaan minuman di AS. 

Brand Karma dikenal sebagai brand yang menawarkan berbagai benefit bagi para konsumennya. Mulai dari bahan baku alami, asupan nutrisi hingga kemasan khusus yang menjamin kualitas produknya. 

Yuk kita simak apa saja benefitnya itu. Karma Karma Wellness Water yang terdiri dari 5 varian ini, yaitu: Elderberry Starfruit, Cranberry Lime, Orange Mango, Passionfruit Green tea dan Pineapple coconut ini menjanjikan 6x the active ingredients dibandingkan dengan minuman premix vitamin waters lainnya. 

Karma Wellness merupakan minuman yang mengandung antioxidants dan superfruits yang diperoleh dari berbagai belahan dunia, seperti : ekstrak akar Ashwagandha (Withania somnifera), Panax ginseng, ekstrak daun Yerba Mate (Ilex paraguariensis), ekstrak Spirulina (Arthrospira platensis), ekstrak Anggur, ekstrak Acai, ekstrak Pomegranate dan lain lain yang kaya kan manfaat untuk menjaga stamina  tubuh. 

Karma wellness Water juga melakukan klaim bahwa produknya bebas Gluten dan bebas Lactose serta Non GMO (GMO adalah kepanjangan dari Geneticaly Modified Organism yaitu organisme yang telah direkayasa secara genetika). Jadi produk Karma merupakan produk natural tanpa rekayasa genetik, yang konon lebih aman dan sehat bagi tubuh dan juga aman bagi para vegetarian atau Vegan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline