Lihat ke Halaman Asli

Aplikasi Toko Online untuk Pengelolaan Online Shop

Diperbarui: 24 September 2019   10:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri


Kini berbelanja secara online semakin ramai dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Apalagi dengan adanya internet yang juga semakin berkembang, pembeli pasar online semakin menjamur. Bisa dilihat kini banyak orang yang memulai usaha dan memperjual belikan usahanya secara online dikarenakan kemudahan promosi dan pemasaran. Selain itu, minat dari masyat Indonesia yang begitu tinggi juga mendorong bertumbuhnya para penjual online di tanah air.


Selain banyaknya keuntungan yang didapatkan dari menjualkan barangnya secara online, tentunya banyak pula kendala yang harus dihadapi oleh penjual. Baik saat penjual baru memulai bisnisnya, mengembangkan toko online-nya, bahkan saat mengelola aktifitas penjualannya. Mulai dari permasalahan yang muncul dari perhitungan stok barang, pengelolaan pesanan yang banyak, pencatatan data pelanggan yang tidak rapi, sampai perhitungan laporan keuangan yang cukup rumit karena kebanyakan penjual online tidak memiliki latar belakang akuntansi untuk membuat laporan keuangan seperti laporan laba rugi untuk bisnis yang dijalani.


Semua yang di atas adalah hal-hal penting yang harus Anda bisa atur dan kendalikan agar aktifitas bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar dan efektif, namun memang saat menerapkannya tidak mudah. Karena itu, Aplikasi Toko Online mungkin bisa membantu Anda dan menjadi solusi atas segala masalah dan kendala yang dihadapi atas aktifitas pengelolaan online shop milik Anda.


Aplikasi Toko Online adalah aplikasi yang bisa membantu Anda dalam melakukan pengelolaan online shop maupun pencatatan dari data-data administrasi toko online atau bisnis online seperti data produk, stok produk, data pelanggan, pencatatan data pengiriman, resi pengiriman, perhitungan ongkos kirim, pencetakan label pengiriman, sampai laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan penjualan, pembelian dan biaya. Semua bisa dilakukan secara online dan otomatis.


Dengan menggunakan aplikasi toko online yang berbasis cloud, Anda dapat memperbarui dan memantau kinerja toko online Anda dimana saja dan kapan saja. Sistem cloud pada aplikasi toko online juga membantu Anda dalam pencatatan dan akses yang mudah dan cepat. Jadi Anda tidak akan lagi melakukan pencatatan dan pendataan order atau pembelian barang secara manual pada media kertas.


Jika bisnis online Anda sudah semakin berkembang dan diharuskan untuk mengelola orderan pelanggan yang juga semakin banyak setiap harinya, tentu Anda membutuhkan aplikasi toko online untuk membantu Anda. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi daripada melakukannya secara manual. Sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk menyusun strategi dan fokus dalam mengembangkan bisnis Anda. Karena dalam pengelolaan online shop dan aktifitasnya sehari-hari, Anda sudah terbantu dengan adanya aplikasi toko online.


Berikut ini adalah keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi toko online untuk bisnis online Anda:


Pengelolaan order lebih mudah


Aplikasi toko online bisa Anda andalkan dalam melakukan pencatatan penjualan yang masuk. Anda dapat mencatat dan memantau status transaksi penjualan untuk mengetahui order mana yang belum melakukan pembayaran, belum dikirim, hingga sudah diterima pembeli. Dengan fitur yang lengkap, kini order yang masuk akan tercatat lebih rapi dan teratur.
Beberapa aplikasi juga menawarkan beberapa fitur tambahan yang bisa pengguna maksimalkan untuk membantu pengelolaan dan penganturan bisnis online nya. Biasanya yang aplikasi sediakan adalah fitur dimana Anda dapat menghitung ongkos kirim barang dari tempat penjual ke tempat pembeli. Ada juga yang menyediakan shipping label (label pengiriman) yang juga bisa dibuat secara otomatis hanya dengan melengkapi data pelanggan.


Perhitungan stok produk secara otomatis


Pencatatan manual dengan media kertas dan dokumen akan mengurangi efisiensi dari kegiatan pembaharuan data yang dilakukan dalam periode jangka waktu tertentu. Hal ini dikarenakan semua dilakukan dengan cara konvensional. Jika dokumen hilang atau terdapat kesalahan pencatatan, maka data keseluruhan harus diperbaharui satu persatu. Sehingga memperlambat dan mengganggu kegiatan penjualan maupun pembelian.
Dengan aplikasi toko online yang juga bisa menjadi aplikasi stok, dapat membantu Anda dalam melakukan perhitungan stok. Pada aplikasi, perhitungan produk yang keluar dan produk yang masuk dilakukan secara otomatis. Jadi tidak akan ada lagi kesalahan perhitungan yang biasanya diakibatkan karena perhitungan secara manual. Semua produk yang masuk dan keluar dapat terekam dan tercatat secara akurat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline