Lihat ke Halaman Asli

aldridge christian seubelan

Blogger dan Marketeers

Jenis Karakter Engagement TikTok Users dan Bagaimana Mengukurnya?

Diperbarui: 18 Januari 2021   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

perilaku TikTok user berdasarkan engagement-nya, from TikTok Engagers 

Jika di breakdown lagi karakter user TikTok, beberapa action yang mereka lakukan adalah : 

Kalau kita masuk ke trend kreatif TikTok, bisa dikatakan TikTok Trend di Luar negeri dan di Indonesia mempunya karakter yang berbeda-beda. Berikut beberapa sampel trend hashtag:

TikTok Trends di Luar : #chaoticenergy (achieve 538,2M views) dimana para creator membuat perpaduan video humour, relatability, dan interactivity yang bertemakan MEME situasi yang chaos bahasa kerennya chaotic energy.

TikTok Trends Indo : #bagaikanlangit (achieve 167,4M views) , dengan menggunakan sound Bagaikan Langit --- Potret dan efek Face Expression bisa menggaet netijen Indonesia bahkan sampai Netijen luar negeri sekelas Howie Mandel

Any Category : seperti Pet, Travel, Cook, Prank, Comedy, Freestyle Performance , Art dan hal kreatif yang lainnya (bisa kepoin di explore TikTok ya)

setelah mengenal konten yang menjadi trending di TikTok, mari kita eksplor kira-kira content apa yang cocok dan bisa menjadi Engaging Content bahkan menjadi "trendmark" / "viral" content Brand kita.

  1. ) Content yang kita produce tidak harus melulu hard-selling, tapi bagaimakan kita bisa menceritakan emotional brand kita secara fun dan informatif di konten tersebut
  2. ) Riding the trends , ini salah satu quick action agar audience bisa melihat kita dan terkesannya brand kita kekinian lho
  3. ) Utilize Button Function TikTok untuk membuat TikTok yang Unik seperti Love, Comment, Share , dan Profile
  4. ) Buat content yang mudah orang tiru, yang entertaining, yang ringan, mudah untuk dijadikan duet, dan relate ke user TikTok
  5. ) Tetap terus konsisten dan explor setiap content yang kita buat (trial and error) karena semua brand maupun content creator juga sedang explor ini jadi mumpung belum terlambat kan . hehehe

Untuk brand yang ingin melakukan Investment di TikTok adalah beberapa type of paid Partnership :

  • Brand Hashtag Challenge : brand melakukan challenge dimana bisa membuat effect, memasukan lagu , dan ada beberapa bundling package lainnya contoh #KuotaAntiWasWas (smartfren hashtag Challenge)
  • Brand Takeover : ini yang muncul di halaman depan
  • Brand infeed video : ini yang suka muncul di explore kita
  • Influencer Partnership : kolaborasi dengan SelebTikTok

Dan yang terakhir "how to measure" our content?

  • in Apps Analytic : TikTok sudah menyediakan fitur Analytic yang bisa membaca Growth Views, Growth Followers, Profile Views & Profiling --- Behaviors Followers kamu
  • Third Party Tools : ada beberapa tools yang free bisa kamu gunakan untuk measure konten kamu seperti https://socialblade.com/ dan https://analisa.io/

benchmark engagement rate TikTok - from TikTok Engagers 

yuk saya mengajak brand owner & young content creator untuk berkarya yang positif dan edukatif di TikTok, sampai jumpa di #ceritabrand selanjutnya , See You

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline