Lihat ke Halaman Asli

Prospek Kerja Lulusan S1 Pendidikan Tata Rias

Diperbarui: 3 November 2022   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

   Jurusan tata rias atau cosmetology bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin menjadikan kegemaran terhadap dunia kecantikan sebagai profesi. Sangat banyak sekali prospek kerja yang bisa kamu dapatkan ketika kamu kuliah di jurusan tata rias. 

Berikut ini adalah beberapa contoh prospek kerja lulusan S1 Pendidikan Tata Rias :

1. Make-up Artist (MUA)

   Make-up Artist (MUA) adalah orang-orang yang melakoni pekerjaan merias wajah dan terkadang juga menata rambut klien untuk berbagai kepentingan. Biasanya make-up artist sering dibutuhkan untuk merias orang yang akan pergi ke wisuda, pernikahan, pesta, pemotretan dan masih banyak lagi. Pekerjaan MUA ini sangat banyak digemari dikalangan anak muda, termasuk mahasiswi dari jurusan tata rias sendiri. Alasan mengapa banyak mahasiswi dari tata rias yang masih kuliah tetapi bekerja sebagai mua adalah karena mereka ingin mengasah skill makeup mereka yang sudah diajarkan oleh dosen dan juga menambah uang untuk kebutuhan kuliah mereka. 

2.Asisten Make-up Artist (Asisten MUA)

   Asisten MUA juga dapat dijadikan perkerjaan untuk kamu yang ingin menjadi Make-up Artist tetapi masih belum mempunyai skill yang tinggi. Para mahasiswi Prodi S1 Pendidikan Tata Rias pada semester awal biasanya akan mencoba terlebih dahulu menjadi asisten MUA. Tujuannya adalah untuk mengasah skill yang mereka dapatkan dari materi saat kuliah dan mempelajari skill dari MUA tempat merek bekerja.

3. Beauty Vlogger

   Beauty Vlogger adalah sebutan untuk seseorang yang tertarik tentang kecantikan dan senang me- review atau mengulas beberapa produk kecantikan dan juga membuat konten tentang kecantikan. Profesi ini sangat cocok untuk mahasiswi lulusan S1 Pendidikan Tata Rias, karena terdapat materi di beberapa mata kuliah di prodi pendidikan tata rias yang dapat dimanfaatkan sebagai pedoman. Profesi beauty vlogger ini mengutamakan kreatifitas, kepercayaan diri dan juga personal branding yang kuat agar konten-konten yang tidak membosankan dan menarik. Contoh beauty vlogger terkenal dari Indonesia adalah Tasya Farasya, Rachel Goddard, dan Jharna Bhagwani.

4. Membuka Salon Kecantikan

   Membuka usaha salon kecantikan sendiri merupakan salah satu contoh prospek kerja dari lulusan S1 Pendidikan Tata Rias. Pembelajaran-pembelajaran yang sudah didapatkan saat kuliah di prodi S1 Pendidikan Tata Rias seperti perawatan rambut, makeup dan lain-lain bisa sangat berguna dan dapat dipraktekkan kepada orang lain. Membuka salon sendiri juga akan mempunyai peluang untuk mendapatkan gaji yg lebih besar dari profesi lainnya.

5. Tenaga Pendidik/Guru

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline