Lihat ke Halaman Asli

Bunga Mimosa dan Hari Perempuan di Italia

Diperbarui: 9 Maret 2024   06:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perempuan dan mimosa, foto dokumen pribadi Claudia Magany

Awal Maret, lorong pertokoan di pusat kota Oderzo biasanya sudah ramai berhias dengan aneka bunga.

Ada 3 festa (pesta) di bulan ini. Tanggal 8 festa della donna (hari perempuan), tanggal 19 festa del papa (hari ayah) dan 21 Maret festa di primavera (musim semi).

Maka, minggu pertama biasanya dekorasi di taman-taman kota dan pertokoan didominasi warna kuning. Lebih spesifik lagi, bunga mimosa yang menjadi simbol hari perempuan di Italia. 

Display toko berhias Mimosa, foto dokumen pribadi Claudia Magany

Sejarah Hari Perempuan Internasional

Peringatan ini berakar dari sejarah yang dikaitkan dengan kabar ratusan pekerja terbakar dalam pabrik kemeja Cottons (katun) di New York pada 8 Maret 1908.

Padahal tragedi sebenarnya kebakaran pabrik Triangle tanggal 25 Maret 1911 di kota yang sama. Tragedi ini menewaskan 146 pekerja imigran muda asal Italia dan Yahudi dengan rincian 123 wanita dan 23 pria.

Versi lain mengutip soal penindasan polisi terhadap demonstran serikat buruh pekerja tekstil di New York pada tahun 1857. Atau versi lainnya tentang pemogokan yang berakibat insiden di Chicago, Boston dan New York.

Ternyata, aneka versi di atas menunjukkan kesalahan besar dalam merekonstruksi berita. Asal muasal peringatan tersebut perlahan mulai pudar antara sejarah dan legenda.

Namun bukti lain mencatat bahwa Partai Sosialis Amerika pernah mengorganisir demonstrasi di setiap negara bagian untuk mendukung perjuangan perempuan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline