Lihat ke Halaman Asli

Amanda Todd, Gadis Umur 15 Tahun Bunuh Diri Akibat Di-BULLY

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gua yakin kata di atas itu sudah tidak asing buat temen2 pembaca semua...dan mungkin, beberapa dari temen pembaca ada yg pernah ngalamin, sebagai korban ataupun pelaku.

Amanda Todd, adalah seorang gadis berumur 15 tahun yg bunuh diri akibat dibully lewat Internet. Semuanya berawal pada saat Amanda kenalan dengan seorang cowo di Internet yg berhasil membujuk dia untuk menunjukkan buah dadanya lewat webcam. Setahun kemudian, cowo itu menyebarkan foto topless Amanda lewat Internet, bahkan membuat sebuah account Facebook yg menjadikan foto topless Amanda tersebut sebagai profile picturenya. Hal itu membuat banyak orang membully Amanda, termasuk lewat 9gag, dan hal itu membuat Amanda dicemooh di sekolah dan di lingkungannya. Sebulan sebelum bunuh diri, Amanda mengupload sebuah video di youtube yg berisi kisah hidupnya yg menyedihkan. Ini dia videonya (klik di sini untuk melihat) Amanda meninggal tanggal 10 Oktober 2012 lalu akibat overdosis. Sayang sekali...andai gua bisa kenal dengan dia sebelum dia memutuskan untuk bunuh diri. Gua bisa jadi temen dia, gua bisa dengerin dia, gua pengen dia tau bahwa dia ga sendiri. Gua ngerti banget perasaan dia karena...gua sendiri pernah jadi korban bully.

Gua dibully sejak kelas 3 SD di mana anak2 mulai mencoba menjadi "gaul" dengan pakai baju acak2an dan ngomong kata2 kasar, sementara gua waktu itu menolak untuk melakukan hal2 tersebut. Gua waktu kelas 3 SD memang termasuk orang yg pendiam yg lebih suka menghabiskan waktu ngegambar komik di kelas daripada main sepakbola di tengah terik matahari, dan "perbedaan" itulah yg memicu anak2 yg ngerasa dirinya "gaul" untuk makin semangat ngebully gua. Ironisnya, orang yg memulai tindakan bully terhadap gua waktu itu adalah tetangga gua yg setiap hari berangkat dan pulang sekolah bareng gua. Jadi ceritanya karena kita sekolah di sekolah yg sama sementara rumah kita bersebrangan, papa gua dan papa dia gantian anter-jemput sekolahnya. Entah kenapa dia kayaknya diem2 sebel ma gua dan mulailah dia ngajakin orang2 untuk ngebully gua. Tindakan bully ini awalnya dimulai secara verbal di mana gua termasuk anak "kurang atletis" yg sering dimarahin guru olahraga. Nah, mungkin ngeliat si guru suka ngata2in gua, temen2 sekelas gua pun mulai ikut2an ngebully secara verbal. Gua yg waktu itu cuma bisa diem waktu dikatain, karena waktu itu gua bukan tipe anak gaul yg punya banyak temen. Temen2 gua juga kebanyakan tipe kutubuku dan pendiam, ga bisa ngebantu ngebelain. Melihat gua tidak bisa melawan saat dikatain, mulailah mereka melakukan kekerasan secara fisik. Gua lagi diem di kelas tiba2 ditendang dari belakang, terus kalo gua lagi jalan tiba2 didorong dari belakang atau dilempar penghapus papan tulis dari atas. Belum cukup kekerasan secara fisik, si tetangga gua itu pun mulai menyerang emosional gua. Ngatain keluarga gua, ngatain gua bencong, dan memaksa anak2 sekelas yg tadinya ga ikut ngebully untuk ikutan ngebully dengan memberlakukan sebuah "silent treatment" di mana kalo gua ngajak mereka ngomong, mereka ga boleh jawab.

Waktu itu bener2 masa kegelapan buat gua sampe akhirnya ada seseorang yg mengubah segala. Cewe itu adalah Alice, sahabat baik gua sekaligus cinta pertama gua (yg mau baca kisah lengkapnya, baca di sini). Ngeliat gua dibully dan gua ga bisa ngelawan, dia pun mulai ngebelain gua. Sampe suatu kali, dia pernah dimarahin di ruang guru akibat menendang salah seorang bully yg ngatain gua sampe anak sial itu terjengkang jatuh ke tangga. Tapi di balik ngebelain gua, dia juga terus menyemangati gua untuk berani melawan orang2 yg ngebully gua. Akibat ngebelain gua, Alice pun ikutan dibully. Dan sekuat apapun dia, dia hanyalah seorang anak perempuan. Suatu hari gua pernah liat dia dibully di kelasnya sewaktu istirahat. Roknya dilem ke kursi dan rambutnya ditaburi kapur. Dia meraung2 marah tapi dia ga bisa ngelawan karena anak2 sekelasnya semua ikut megangin tangannya supaya dia ga bisa gerak. Hari itu, semuanya berubah...untuk pertama kalinya di dalam hidup gua, gua merasa ingin fight for something. Gua samperin anak2 yg ngebully dia sambil bawa gagang sapu dari aluminium dan meskipun akhirnya gua kalah dikeroyok, tapi gua sendirian berhasil menumbangkan 7 orang anak. Untuk sementara, kegiatan bully terhadap gua pun berkurang. Saat gua kelas 5 SD, gua lagi down banget gara2 Alice pindah ke Aussie. Melihat keadaan saat itulah para bully semakin beraksi. Ironisnya, kali ini kegiatan ngebully gua dipimpin oleh cewe2, dan percaya ga percaya, namanya cewe tuh kalo ngebully caranya jauh lebih kejam daripada cowo. Gua sering nemuin surat penuh kata2 hinaan di salah satu buku gua, atau kursi gua bisa tiba2 hilang dari tempat yg seharusnya. Cuma karena kondisi mental gua yg saat itu lagi parah akibat pertama kali ngalamin yg namanya patah hati, gua memilih untuk bersikap pasif. Daripada melawan secara frontal, gua lebih memilih untuk menggalang kekuatan dengan cara bertemen dengan sesama temen yg juga jadi korban cewe2 itu. Namun apa yg terjadi? Mereka malah semakin sadis ngebullynya. Gua inget waktu gua ulang tahun ke 12, gua yg lagi jalan tiba2 dilempar plastik berisi air dari lantai 3 dan BRAKKK...gua terkapar basah kuyup. Masalahnya, tu plastik berisi air telak mengenai kepala gua, dan rasanya sakit banget. Ngeliat gua terkapar tak berdaya, mereka bukan nolong, malah ketawa2 dari atas. Peristiwa lain, ada seorang dari cewe2 itu yg pura2 kehilangan bukunya, lalu pada saat guru memeriksa tas murid sekelas, tiba2 buku si cewe itu ditemukan di tas gua. Waktu itu gua ga tau namanya apa, tapi sekarang gua tau kalo waktu itu gua mengalami yg namanya "difitnah" Sampe satu titik, akhirnya gua kehilangan kesabaran dan gua mulai berani untuk membalas. Waktu pulang sekolah, ada seorang dari cewe2 itu yg berlari ke arah gua sambil membawa sebuah plastik berisi limun. Maksudnya sih dia mau nyirem gua, tapi waktu itu gua rebut plastiknya, terus gua rangkul leher tu cewe pake satu tangan sambil tangan satu lagi menumpahkan limun di plastik itu ke mukanya. Begitulah seterusnya.

Orang tua dan guru tidak pernah mengetahui bahwa gua dibully di sekolah, sampe suatu saat waktu gua kelas 6, seorang di antara keenam cewe itu berusaha memukul gua pake melodion (pianika) miliknya dan gua nangkis pake siku dan salah satu tuts melodion itu pun patah. Orang tua si cewe pun datang ke sekolah sambil marah2, dan akhirnya kasus ini terungkap juga ke hadapan para guru. Waktu itu untuk pertama kalinya, gua liat mama gua yg biasanya kalem bisa berubah menjadi menyeramkan. Mama si cewe marah2 dan menuntut ganti, tapi mama gua malah berbalik marah dan saking seremnya, mama si cewe sampe cuma bisa diam seribu bahasa, hehehe. Saat itu gua sadar kalo mama gua sayang banget sama gua sampe dia bisa marah2 gitu, dan kesadaran itu membuat gua jadi makin semangat untuk bangkit dan melawan para bully di sekolah. Gua punya orang yg sayang buat gua...gua berarti buat dia...gua ga sendirian. Kegiatan bully itu terus berlanjut sampe gua kelas 3 SMP. Memang sih, di SMP gua dibullynya ga gitu parah gara2 ada peraturan ketat di SMP gua yg menyatakan bahwa siswa yg berkelahi akan langsung DIKELUARKAN dua-duanya. Tindakan bully terhadap gua hanya sebatas julukan ga enak dan silent treatment dari para cewe tersebut dan gengnya, tapi tetep aja, siapa sih yg seneng diperlakukan begitu? Untungnya, saat duduk di bangku SMP, gua udah mulai aktif bersosialisasi. Gua ga pilih2 dalam bertemen dan juga ikut ekskul pramuka di mana akhirnya gua mendapatkan banyak temen. Gua udah ga sendiri, gua punya banyak temen baek yg siap ngebelain gua, dan para bully itu pun mulai sungkan untuk macem2 sama gua terang2an. Kegiatan ngebully itu berhenti total di saat gua kelas 3 SMP. Saat itu gua baru putus sama cewe gua yg pertama dan ada seorang temen cowo (yg sering ngebully gua dari SD) yg ngatain gua dan mantan gua itu. Oke, gua udah biasa dikatain, tapi gua GA TERIMA kalo dia ngatain orang yg gua sayang...meskipun saat itu status gua udah bukan pacaran lagi sama dia. Pulang sekolah gua tungguin dia di deket warnet tempat dia biasa nongkrong dan gua labrak dia. Dia malah membalas dengan semakin gencar ngatain mantan gua dan saat itu emosi gua meledak dan gua gelap mata. Badan gua bergerak sendiri tanpa gua sadari. Gua cekik dia dengan satu tangan, lalu gua angkat dia tinggi2. Dia yg badannya hanya setinggi 165cm megap2 kehabisan nafas dan meronta2. Matanya mulai merah dan mulutnya mulai ngeluarin busa. Untungnya mendadak gua sadar dan bisa ngontrol emosi. Gua lepasin dia, dan dia lari terbirit2 tanpa menoleh ke belakang. Gua pikir besoknya dia bakal ngelapor ke guru soal tindakan gua itu, tapi ternyata tidak. Dan sejak hari itu, tidak ada satupun orang yg pernah ngebully gua lagi.

Inti dari cerita di atas adalah bahwa bullying bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan terhadap siapa saja. Meskipun paling banyak terjadi di sekolah, tapi bullying juga masih terjadi di kampus ataupun di tempat kerja sekalipun. Terus apa yg harus kita lakukan supaya ga dibully? Jawabannya adalah...kita harus pinter2 ngebawa diri. Gua bukan perokok dan peminum, lalu apakah gua harus ikut2an temen gua minum dan ngerokok supaya ga dibully? Ngga, bukan itu maksud gua. Justru kalo kita bisa tegas dan punya prinsip kadang orang malah jadi segan dan respek sama kita, dan mereka ga akan berani ngebully kita. Dan ya, buat gua sih ada beberapa hal dalam hidup yg sudah menyangkut prinsip dan tidak bisa dikompromikan. Lebih baik gua dibully daripada gua harus jadi seseorang yg bukan diri gua sendiri. Lantas apa yg harus kita lakukan untuk menghentikan tindakan bully terhadap diri kita? Kalo dari pengalaman gua di atas, gua bisa sebutin at least 3 hal ini : 1. Don't judge yourself based on other's opinion. Jangan menilai diri kita dari pandangan orang lain. Kenali dirimu, sadari kelebihan dan kekuranganmu, dan terimalah semua itu apa adanya. Oke, mungkin gua ga atletis, tapi gua pinter. Oke, gua bukan orang kaya, tapi gua punya orang tua yg mencintai gua apa adanya. Oke, gua bukan anak super gaul di sekolah, tapi gua punya sahabat2 yg dapat diandalkan. Kesadaran dan penerimaan terhadap diri sendiri ini adalah tembok perlindungan paling utama terhadap bullying. Kalo kita percaya diri, kita pasti bisa menghadapi semua itu dengan tenang dan kepala dingin. Ga peduli dihina apapun juga kita tidak akan terpengaruh, karena kita mengenali diri kita sendiri.

2. You are not alone. Oke, mungkin susah untuk cari temen pada saat kita dalam keadaan dibully. Tapi walopun temen kita ga banyak, satu-dua orang yg bisa diandalkan sudah lebih dari cukup supaya kita bisa mengintimidasi balik kalo suatu waktu dibutuhkan. Ikutan ekskul ato kegiatan apapun yg bisa membantu lu nambah temen, apalagi kalo lu punya temen yg kuat atau tingkatnya di atas lu. Para bully adalah orang2 pengecut yg hanya bisa menindas yg lebih lemah, mereka akan segan untuk cari gara2 sama lu kalo lu punya kekuatan yg bisa mengancam balik mereka. Cara lain yg paling gampang adalah nyari temen yg juga mengalami hal yg sama seperti kita, dan biasanya mereka adalah orang2 yg setipe dengan kita. Gua agak kaget waktu beberapa waktu yg lalu ngobrol2 sama temen2 SMP-SMA gua. Ternyata nyaris kita semua pernah dibully waktu kecil, dan selama 8 tahun ini ironisnya kita bisa berteman baik tanpa mengetahui hal tersebut. Sadarilah bahwa lu ga sendiri. Di dunia ini juga banyak orang yg mengalami hal serupa dengan lu (termasuk gua), tapi kita tidak pernah menyerah dan pada akhirnya sebagian besar dari kita sudah menemukan jalan dan berhasil mendobrak keluar dari lingkaran bully itu. Banyak kok anak yg dulunya dibully, udah gedenya malah jadi artis, pengusaha sukses, ataupun pegulat WWE. So yeah, meskipun sekarang lu lagi berada di dalam keadaan sulit, jangan pernah menyerah apalagi berpikir pendek untuk drop out sekolah atau bunuh diri. 3. SPEAK UP! Kalo lu udah ga tahan, lu bisa konsultasi ke orang tua, guru, temen, pemuka agama, ataupun guru BP di sekolah. Jangan takut untuk bawa kasus ini ke hadapan orang banyak karena kalo kasus ini sampai terungkap yg mukanya mendapat tamparan adalah para pengecut yg hanya berani main keroyok itu. Selama lu yakin bahwa lu bener, janagn ragu2 untuk mencari dukungan.

Bullying adalah tindakan tidak terpuji, tidak manusiawi. HANYA PENGECUT YG BERANINYA MAIN KEROYOK. Dan inget, semakin dalam luka yg lu torehkan ke dalam hati seseorang, semakin besar pula kemungkinan orang itu dendam ma lu. Pernah denger kasus mahasiswa Amerika yg menembaki temen2 sekampusnya? Atau seorang anak di India memutilasi 3 orang temannya? Itu karena mereka dendam akibat dibully. Dari kisah Amanda juga kita bisa belajar untuk lebih bijaksana dalam menggunakan Internet. Jangan upload hal2 yg terlalu pribadi ke Internet; alamat lengkap, atau foto2 yg kita tidak ingin orang lain lihat. Hati2 juga dalam berteman di Internet karena banyak orang yg memang mempunyai niat tidak baik. Hati2 juga dalam bercanda, siapa sih yg sangka bahwa 9gag, situs lelucon favorit gua, ternyata bisa jadi salah satu media bullying yg sangat kejam?

Inget, karma itu ada. Dan kadang memang bukan lu yg ngalamin sendiri, tapi orang2 terdekat lu. Gimana perasaan lu kalo suatu hari lu punya anak dan anak lu depresi berat akibat dibully? Ato gimana perasaan lu kalo bapak lu dihina2 di tempat kerjanya? Tidak ada seorangpun, dalam kondisi apapun, yg seneng dibully. So please, if you are bullying someone: STOP IT NOW! It's not fair to ruin somebody's life, no one deserves that. Jangan sampe ada lagi korban seperti Amanda... Respect yourself, respect others.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline