Lihat ke Halaman Asli

Clarissa Diva

MAHASISWA

Membudayakan Berinvestasi dan Memanajemen Keuangan

Diperbarui: 23 Agustus 2024   05:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Di era yang serba digital kini, Kita sebagai mahasiswa harus melek akan keuangan. Kita harus tau bagaimana cara yang paling efektif dalam memutar uang. Banyak cara yang bisa kita coba. Salah satunya adalah dengan cara berinvestasi. Kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata investasi. Apa sih investasi itu ? Investasi adalah kegiatan menanamkan modal, baik secara langsung maupun tidak, dengan tujuan mendapatkan keuntungan di masa depan. Disebut kan juga oleh manulife.com bahwa investasi merupakan kegiatan penempatan dana pada satu atau lebih dari satu jenis aset selama periode tertentu, dengan tujuan mendapatkan penghasilan atau peningkatan nilai.

Bagi para pengusaha muda atau perintis perintis seperti kita ini mungkin ada yang kebingungan gimana sih caranya investasi? Pertama, pilihlah platform investasi adalah yang telah terlegalisir, seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementrian Koperasi dan UKM, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Pilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Tentukan target atau tujuan yang kalian inginkan. Sesuaikan dengan kondisi keuangan kalian sehingga tidak memberatkan atau mulai dari nominal kecil dulu. Kemudian, hati hati dengan keputusan, percaya diri yang berlebihan bisa membawa kita untuk mengambil keputusan yang salah. Dan pastinya jangan lupa memperhatikan resiko dan inflasi. 

Terlepas dari berinvestasi, kita juga harus bisa untuk mengelola atau memanajemen keuangan. Memanajemen keuangan ini bukan hanya memperhatikan keluar masuknya uang, tetapi lebih dari itu. Ketrampilan memanajemen keuangan ini adalah dasar dari segala dasar untuk kita. Tanpa ketrampilan memanajemen keuangan ini, dana keuangan kita bisa sangat berantakan dan bahkan bisa rugi. Ada tiga tips jitu bagi kita dalam mengatur keuangan yakni dengan cara menerapkan skala prioritas. Dengan adanya skala prioritas, kita bisa dengan mudah mengetahui mana saja kebutuhan yang harus kita utamakan dan mana yang bukan prioritas kita. Sehingga keuangan kita tidak akan keluar secara cuma-cuma. Yang kedua, kita harus bisa menghindari kebiasaan konsumtif. Kalian tau? Berdasarkan databooks.com 2021, Indonesia telah menempati posisi pertama sebagai negara dengan konsumtif paling tinggi. Oleh sebab itu, kita sebagai generasi muda, para calon pemimpin pemimpin bangsa, harus bisa menjadikan Indonesia lebih baik lagi. Langkah ini bisa dimulai dari diri kita sendiri yang menghindari kebiasaan konsumtif. Terakhir, Adapun cara memanajemen keuangan kita adalah menabung. Pastinya sendari kecil kita telah diajarkan menabung. Meskipun menabung dan berinvestasi konsepnya hampir mirip tapi mereka jelas saja berbeda. Menabung adalah menyisihkan uang untuk jangka pendek maupun sebagai dana darurat, sedangkan investasi adalah proses mengembangkan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan.

Dari semua hal yang telah kita bahas tadi, kita sebagai generasi emas harus bisa melek akan keuangan, membudayakan berinvestasi serta bijak dalam mengatur keuangan. Oleh karena itu janganlah malu untuk mencoba, berani mengambil resiko, dan bijak dalam setiap keputusan. Indonesia emas ada di tangan generasi emas. Semangat untuk kalian para calon pemimpin negeri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline