Lihat ke Halaman Asli

Clarisa Putri

Mahasiswa

Pemanfaatan Potensi-Potensi di Kabupaten Bondowoso Guna Meningkatkan Perekonomian

Diperbarui: 7 September 2023   18:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemanfaatan Potensi-Potensi di Kabupaten Bondowoso Guna Meningkatkan Perekonomian

Ekonomi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana masyarakat mengalokasikan sumber daya terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. sedangkan, pengertian dari Ekonomi wilayah sendiri adalah subdisiplin dalam ilmu ekonomi yang fokus pada analisis ekonomi di tingkat wilayah atau daerah.

Salah satu perbedaan mendasar antara ekonomi wilayah dan ilmu ekonomi biasa adalah fokusnya. Ilmu ekonomi biasa lebih bersifat umum dan mempelajari prinsip-prinsip ekonomi yang berlaku secara luas, sedangkan ekonomi wilayah memusatkan perhatian pada aspek ekonomi dalam suatu wilayah tertentu.

ekonomi wilayah adalah cabang yang sangat relevan dalam ilmu ekonomi yang memungkinkan kita untuk memahami bagaimana faktor-faktor kontekstual dan geografis memengaruhi ekonomi suatu wilayah. Perbedaannya dengan ilmu ekonomi biasa terletak pada fokusnya yang lebih sempit dan penggunaan analisis yang lebih spesifik untuk merancang kebijakan ekonomi yang lebih efektif di tingkat wilayah.

Dengan adanya ilmu ekonomi wilayah ini maka suatu daerah atau kawasan dapat mengetahui potensi-potensi yang dapat dikembangkan pada daerahnya. Salah satunya ialah Kabupaten Bondowoso, dengan adanya analisis terkait potensi-potensi yang dapat dikembangkan guna menunjang kegiatan perekonomian Kabupaten Bondowoso yaitu adanya potensi Wisata Alam yaitu Ijen Geopark.

Pada bulan Mei 2023, UNESCO secara resmi menetapkan Ijen Geopark sebagai Situs Warisan Dunia, sebuah pengakuan gemilang bagi kekayaan alam dan budaya di Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Peresmian ini tidak hanya menjadi prestasi besar bagi Kabupaten Bondowoso tetapi juga memiliki dampak signifikan terhadap ekonomi wilayah. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, sangat menghargai pengakuan tersebut dari UNESCO terhadap Gunung Ijen. Keunikan geologi, biologi, budaya, dan fenomena alam "blue fire" di Gunung Ijen membuat Geopark Ijen menjadi daya tarik global yang diakui.

Khofifah berharap bahwa status baru Gunung Ijen sebagai Warisan Dunia akan meningkatkan daya tarik pariwisata Gunung Ijen, khususnya bagi wisatawan asing, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur secara keseluruhan. Beberapa keuntungan dari ditetapkannya Ijen Geopark menjadi situ warisan dunia yaitu :

1.  Peningkatan Pariwisata

Salah satu dampak paling langsung dari peresmian Ijen Geopark adalah peningkatan kunjungan wisatawan. Ijen Geopark yang telah diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO akan menarik perhatian wisatawan domestik dan internasional yang mencari pengalaman wisata yang unik. Keterkenalan yang lebih besar akan membawa gelombang kunjungan baru, yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata.

2.  Peningkatan Infrastruktur Wisata

Dengan pertumbuhan pariwisata yang semakin pesat, akan ada dorongan untuk mengembangkan infrastruktur pendukung seperti penginapan, restoran, dan sarana transportasi. Hal ini akan menciptakan peluang bisnis bagi penduduk setempat, seperti pemilik hotel, pedagang makanan, dan penyedia jasa transportasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline