Lihat ke Halaman Asli

Clarisa Natania Putri A

Digital Content Creator

Kembali Belajar dan Memahami Arti Multimedia

Diperbarui: 24 Februari 2021   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: freepik.com

­

­

Waktu yang berjalan sangat cepat, sehingga membuat banyak hal seperti media juga berkembang dengan sangat cepat. Media yang menjadi salah satu cara manusia untuk mendapatkan informasi, memiliki banyak perubahan karena adanya perkembangan teknologi.

Kali ini kita akan membahas dan mengenal lebih dalam mengenai multimedia. Banyak hal yang mungkin seringkali kita lupakan mengenai multimedia. Oleh karena itu, mari kita kembali bahas bersama!

Multimedia itu apa sih?

Multimedia dipahami sebagai jurnalisme yang memiliki kaitan pada logika media yang bisa diartikan sebagai fitur kelembagaan yang terstruktur pada sebuah media, dan teknis yang akan memberikan pengaruh atas apa yang akan direpresentasikan pada media.

Terdapat dua cara untuk menjelaskan definisi dari multimedia pada jurnalisme:

  • Penyajian paket berita pada website dengan menggunakan dua atau lebih format media, seperti lisan dan tulisan, musik, gambar bergerak dan diam, animasi grafis, termasuk interaktif dan hipertekstual.
  • Penyajian paket berita yang terintegrasi (tidak harus simultan) bisa melalui berbagai media, seperti Website, SMS, Email, MMS, radio, televisi, surat kabar, dan majalah cetak.

Kedua definisi tersebut bisa dikatakan dan dipahami sebagai bentuk perubahan dari kontinum tanpa konvergensi menjadi konvergensi penuh.

Perubahan ini kita katakan sebagai “convergence continuum” yang memiliki arti bahwa cepat atau lambat semua media akan bergerak menuju tahap di mana intergrasi dari pembuatan produk media tercapai.

Multimedia Logic

Logika multimedia memiliki tiga perspektif, diantaranya :

  • Perspektif Institusional

Konvergensi media telah muncul sejak pertengahan tahun 90-an, dengan seluruh perusahana di seluruh dunia yang memiliki target untuk menjalankan kerjasama cross-media, antara staff, redaksi, dan departemen lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline