Sekarang ini sepertinya tak ada yang tak kenal dengan Arief Muhammad atau yang biasa disapa Armuh. Yups, Arief Muhammad adalah seorang content creator dan seorang pengusaha muda. Kesuksesan beliau telah diakui oleh berbagai organisasi termasuk 40 Under 40 Fortune Indonesia bahkan ia mendapat nominasi sebagai Duta Nasi Padang pada tahun 2022 oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat, Aldy Joinaldy. Salah satu bisnisnya yang terbaru adalah Rumah Makan Padang Payakumbuah yang sedang viral ini.
Payakumbuah memiliki branding rumah makan padang dengan cita rasa yang sangat otentik dan tradisional. Arief Muhammad bahkan mendatangi 11 sawah untuk mencari nasi terbaik dan mendatangi 5 restoran padang perhari di Sumatra Barat agar mendapatkan cita rasa terbaik untuk Payakumbuah. Kegiatan ini ia unggah melalui akun sosial media pribadinya, hal ini menjadi salah satu strategi Arief Muhammad untuk membangun kepercayaan pelanggan dan brand image terhadap Payakumbuah.
Strategi Arief Muhammad dalam mengenalkan bisnisnya ke masyarakat sangatlah unik. Salah satunya adalah dengan menerbangkan banner Payakumbuah dengan lampion balon udara untuk soft opening. Tidak banyak rumah makan padang yang terpikirkan untuk melakukan hal ini.
Ia pun mengadakan Battle Makan Nasi Padang, tim tangan vs tim sendok yang dibintangi oleh beberapa artis dan content creator terkenal, salah satunya adalah Zee JKT48. Konten ini mendapat respon positif dari masyarakat hingga tembus 440 ribu lebih penonton di YouTube. Dapat dilihat dari kolom komentar bahwa tak sedikit netizen yang ingin merasakan sensasi rempah khas Rumah Makan Padang Payakumbuah.
Tidak berhenti disitu, Arief Muhammad juga mengundang Prabowo Subianto dalam peresmian Payakumbuah cabang Kemang untuk tanda tangan dan makan bersama. Di cabang lain yaitu Payakumbuah Gading Serpong, Arief Muhammad mengundang Maliq & D’Essential alias band musik ternama untuk merayakan grand opening cabang tersebut. Strategi pemasaran untuk menarik perhatian pelanggan dan brandingnya tentu perlu diacungi jempol.
Sosial media ramai membahas Payakumbuah melihat seberapa besar campaign yang dilakukan Arief Muhammad hingga netizen menerka-nerka apakah Payakumbuah hadir dengan harga makanan selangit? Tenang saja, ini yang Arief Muhammad lakukan untuk segmentation, targeting, and positioning (STP).
Arief Muhammad membagi Payakumbuah menjadi 3 kategori, ini bertujuan agar dapat mencakup semua kalangan. Tentu ada perbedaan ditiap kategorinya, namun itu tidak merubah standar Payakumbuah itu sendiri.