Lihat ke Halaman Asli

Clarensia

老师, 学生

Internet Baik atau Tidak?

Diperbarui: 17 Februari 2023   18:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Internet satu kata yang sudah tidak asing lagi untuk kita karena sudah sering digunakan, bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari -- hari. Internet adalah suatu jaringan besar yang saling berhubungan satu sama lain agar semua perangkat di dunia bisa saling terhubung. Internet memilik banyak kegunaan yaitu untuk bermain game online, untuk membuka atau bermain media sosial, mencari informasi, untuk menambah wawasan, berkomunikasi, mengakses aplikasi -- aplikasi yang meggunakan internet dan masih banyak lagi lainnya.

Namun, seringkali orang - orang tidak memanfaatkan internet dengan baik dan benar serta penggunaan yang tidak sesuai. Contohnya karena keasyikan bermain internet membuat orang -- orang kecanduan dan lupa akan aktivitas yang semestinya dikerjakan serta menggunakan internet untuk melakukan kejahatan seperti menipu, plagiat, menonton atau mengakses video porno, serta cyber bullying

Semua yang terjadi terkadang tidak memandang usia terkadang anak kecil pun sudah menjadi korban dampak negatif dari internet ini terlebih lagi remaja, dewasa dan juga orangtua. Penulis sendiri sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi yang bisa dilakukan bersama dengan dosen untuk menangani kasus di atas adalah dengan melakukan webinar kepada seluruh mahasiswa dan masyarakat umum tentang apa yang akan terjadi dengan mereka jika menggunakan internet secara tidak baik, lalu bisa juga untuk perguruan tinggi yang bersifat offline/regular dengan dosen mewajibkan mahasiswa mengikuti satu atau 2 kelas tambahan yang bersifat menyalurkan hobi atau minat dimana kelas tanpa menggunakan internet seperti kelas olahraga, seni dan lainnya.

Nah jika sudah mengetahui dampak negatif dari internet, ada sebaiknya mulai sekarang kita bersama -- sama menggunakan atau memanfaatkan internet dengan baik, tidak kecanduan, serta tidak menggunakan internet untuk kejahatan. Jika bisa memanfaatkannya dengan baik, maka dapat merasakan dampak positifnya, namun jika menggunakannya untuk hal -- hal yang tidak baik maka dampak negatif yang akan kita dapatkan. Bijaklah dalam memanfaatkan dan menggunakan internet.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline