Lihat ke Halaman Asli

Clarensia

老师, 学生

Ramainya Kota Pangkalpinang Saat Perayaan Tahun Baru

Diperbarui: 15 Februari 2023   16:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keramaian Kota Pangkalpinang saat malam penyambutan tahun baru, Sabtu, 31 Desember 2022 (Foto : Google)

Pangkalpinang - Perayaan tahun baru kali ini di Kota Pangkalpinang sangat ramai karena antusias tinggi dari warga Pangkalpinang untuk merayakannya, Sabtu (31/12/2022).

Tepat Hari Jumat (30/12/22) Presiden Jokowi menyatakan bahwa PPKM di Indonesia sudah resmi dicabut karena jumlah covid 19 sudah stabil dan positivity rate beberapa pekan berada di bawah 5%. Hal ini membuat perayaan tahun baru lebih meriah, lebih antusias dan lebih ramai daripada tahun - tahun  sebelumnya, karena masyarakat tidak terlalu khawatir lagi keluar rumah "Saya sangat menantikan tahun baru kali ini karena PPKM sudah dicabut pasti akan ramai, walaupun begitu saya tetap menjaga protokol kesehatan", ujar Sudarman, Warga Pangkalpinang. "Selama 1 sampai 2 tahun kemarin saya hanya di rumah saja saat malam penyambutan tahun baru karena adanya PPKM yang membuat saya merasa khawatir untuk keluar rumah, namun tahun ini karena PPKM sudah dicabut saya sedikit tenang dan ingin merayakan malam penyambutan tahun baru ini bersama teman - teman saya", ujar Feren, Warga Pangkalpinang.

 Tradisi perayaan malam penyambutan tahun baru di Kota Pangkalpinang sangat beragam, yaitu :

1. Beribadah

Tahun baru dengan harapan baru membuat sebagian masyarakat memilih untuk pergi ke tempat ibadah saat malam penyambutan tahun baru, mereka berdoa dan berharap yang baik - baik akan menghampiri mereka di tahun baru nanti.

2. Kumpul - Kumpul

Merayakan tahun baru dengan orang yang kita sayangi juga dilakukan oleh masyarakat Kota Pangkalpinang. Ada yang berkumpul bersama keluarga besar, sahabat, teman bahkan pacar. Hal - hal yang dapat dilakukan saat berkumpul yaitu makan bersama, bermain bersama, bernyanyi bersama atau karaoke dan aktivitas lainnya.

3. Bakar - Bakar

Masyarakat setempat juga merayakan malam penyambutan tahun baru dengan bakar - bakar. Biasanya mereka akan membakar jagung, sate, seafood (ikan, cumi, udang), ayam, pete dan lainnya.

4. Bermain Kembang Api

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline