Lihat ke Halaman Asli

Clara Putri Ignasia Selu

Mahasiswi Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Survei Kepuasan Konsumen terhadap Penggunaan Bodylotion pada Masyarakat Umum

Diperbarui: 3 Januari 2024   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SURVEY KEPUASAN KOSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN BODY LOTION PADA MASYARAKAT UMUM 

Clara Putri I Selu, Graendycs Viviana May, Widyaningrum P, Laela Septiyani, Juni Immanulata Ogoney

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

claraselu@gmail.com 

 ABSTRAK

Penelitian ini berfokus pada hasil dari mengetahui tingkat kepuasan konsumen bodylotion. Umumnya bodylotion digunakan untuk mempercantik dan memperhalus kulit tubuh yang mayoritas adalah penggun wanita. Penelitian ini menggunakan responden masyarakat umum dengan jumlah total subjek 50 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripsi komparatif. Dari hasil survei dengan 50 responden, bodylotion Marina memiliki minat paling banyak sebesar 18 konsumen penggunaan bodylotion tersebut.

Kata Kunci: kepuasan konsumen, bodylotion

ABSTRACT

This research focuses on the results of knowing the level of satisfaction of bodylotion consumers. Generally, body lotion is used to beautify and soften the skin of the body, the majority of which are female users. This research used general public respondents with a total number of subjects of 50 respondents. The method used in this research is qualitative with a comparative description approach. From the results of a survey with 50 respondents, Marina bodylotion had the most interest from 18 consumers in using this bodylotion.

Keywords: consumers satisfaction, bodylotion

Pendahuluan 

            Setiap individu pastinya ingin selalu menampilkan tampilan yang menarik serta  wangi sebagai bentuk dari menunjukkan rasa kepercayaan diri dalam kehidupan sehari hari (Baisyir, 2021). Rasa kepercayaan diri inilah yang membuat individu untuk lebih meningkatkan kualitas diri dan menambah motivasi dalam melakukan pekerjaan serta cara berpikir. Penampilan merupakan prioritas utama bagi wanita. Produk perawatan wajah dan tubuh menjadi salah satu kebutuhan paling terpenting untuk mempercantik diri. Oleh karena itu, wanita akan mengupayakan segala cara agar penampilan mereka tetap menarik. Yaitu dengan cara menggunakan produk perawatan tubuh. Salah satu produk perawatan tubuh yang banyak digunakan wanita Indonesia adalah bodylotion.

            Bodylotion adalah salah satu produk perawatan tubuh yang sangat populer diberbagai negara, salah satunya di Indonesia. Terdapat banyak sekali produk bodylotion dengan merek yang berbeda (Candra, 2023). Produk ini sangat cocok dengan kondisi cuaca yang ada di Indonesia. Bodylotion ini memiliki manfaat yang dapat melembabkan kulit,  serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan mencerahkan kulit. Dalam penelitian Candra, 2023 menyebtkan bahwa berdasarkan riset yang dilakukan oleh ZAP Beauty Index 2020-2021 mendapat temuan, tentang arti " cantik " dari sekitar 6.000 wanita yang menjadi responden, hasil menunjukkan di tahun 2020 ada sebanyak 60% dan ditahun 2021 ada sebanyak 82,5% yang beranggapan bahwa cantik berarti memiliki kulit cerah dan glowing.

            Semakin tinggi persentase bahwa cantik berarti memiliki kulit yang cerah, maka akan semakin tinggi persaingan terhadap produk bodylotion dan akan semakin tinggi pula tingkat loyalitas yang dilakukan oleh konsumen. Penelitian yang dilakukan oleh Wahyuni & Ramadani (dalam Kusuma & Yuniawan, 2010) mengatakan bahwa ada banyak faktor yang membuat konsumen loyal dikarenakan adanya kepuasan pelanggan terhadap produk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline