Lihat ke Halaman Asli

Menjadi Seorang Pemimpin atau Leader yang Baik bagi Orang-orang yang Berada di Bawah Pimpinannya

Diperbarui: 12 Oktober 2023   15:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://meravi.id/pelatihan-kepemimpinan-dan-motivasi-karyawan/

Nama :  Clara Oktavia Pratiwi

NIM : 43222010001

Prodi : S1 Akuntansi

Mata Kuliah : Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB

Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Salah satu kunci kesuksesan dalam sebuah organisasi adalah ditentukan oleh kepemimpinan dan pimpinan itu sendiri. Banyak pengertian tentang kepemimpinan. Namun, pada dasarnya merujuk kepada hal yang sama, yaitu proses mempengaruhi orang lain oleh seseorang. Untuk memperdalam pemahaman kita tentang kepemimpinan, mari kita simak pembahasan dibawah ini.

Secara etimologis, kepemimpinan atau leadership berasal dari kata "to lead" yang berarti memimpin. Jadi, kepempinaan adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang, yaitu pemimpin itu sendiri untuk memberikan contoh atau mempengaruhi pengikutnya atau orang-orang disekitarnya supaya mampu bekerja sama agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai. Sehingga, dari definisi tersebut tampak jelas sekali bahwa dalam suatu kepempinan itu harus ada figur atau orang lain yang dilibatkan, tidak hanya dari pemimpin itu sendiri, tetapi haruslah ada bawahan atau pengikut-pengikutnya.

Pemimpin adalah seseorang yang bertugas memimpin anggota disekitarnya dan yang mau menggunakan kemampuannya untuk bisa menggerakan bawahan atau anggota disekitarnya tersebut. Pemimpin memiliki peran penting dalam suatu organisasi. Pemimpin     harus mampu memberdayakan kemampuan sumber daya manusia yang ada dalam organisasi   tersebut. Kesuksesan suatu organisasi salah satunya disebabkan karena peran pemimpin dan gaya kepemimpinannya.

Akan tetapi seorang pemimpin yang baik bukanlah yang hanya mampu mengatur anggotanya untuk mencapai tujuan bersama saja, tetapi mereka juga harus mampu melatih dan menuntun anggotanya agar dapat mengerjakan tugas seperti yang pemimpin dapat lakukan. Seorang pemimpin atau leader diharapkan juga dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin baru yang baik juga sama seperti dirinya.

Seorang pemimpin yang baru harus mampu memanusiakan manusia. Pemimpin yang baik harus mampu mempersiapkan manusia lain menjadi seorang pemimpin yang baik juga sama seperti dirinya. Selain itu, pemimpin yang baik juga akan membuat manusia lain semakin mengembangkan manusia yang lain juga. Maka dari itulah sebenarnya peran seorang pemimpin atau leader sangatlah penting dan tidak hanya memimpin atau memerintah seorang bawahannya saja yang bekerja sama dengan mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline