Lihat ke Halaman Asli

Clara Dian Sukma Anggasari

Mahasiswi S1 Manajemen FEB UNDIP

Mahasiswa Undip Ajak UMKM Tetap Eksis di Masa Pandemi dengan Go-Digital

Diperbarui: 2 Agustus 2021   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Magelang (2/8) -- Pandemi covid-19 telah berlangsung lebih dari satu tahun terakhir, dan telah menimbulkan berbagai permasalahan dalam kehidupan di masyarakat. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi adalah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Salah satu pihak yang terdampak adanya PPKM adalah UMKM. 

Adanya PPKM mengakibatkan kegiatan transaksi jual beli secara tatap muka antara pelaku usaha dengan pelanggan menjadi berkurang. 

Oleh karena itu, penurunan omzet hingga jumlah pelanggan mau tidak mau harus dihadapi oleh UMKM di masa pandemi ini. Salah satu cara agar UMKM tetap eksis di masa pandemi ini adalah dengan melakukan go-digital dalam kegiatan pemasaran dan penjualan produknya. 

Namun, kendala yang muncul pada UMKM yang ada di RT 03 RW 08, Kelurahan Kedungsari, Kota Magelang yaitu belum semua UMKM paham dan mau untuk menerapkan go-digital pada bisnisnya.

Berdasarkan permasalahan tersebut diadakan kegiatan edukasi "Go-Digital sebagai Strategi UMKM di Masa Pandemi". Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 19 Juli 2021 di RT 03 RW 08, Kelurahan Kedungsari, Kota Magelang.   

Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan pemaparan materi dan pembagian buku modul kepada pelaku usaha yang ada di lokasi tersebut. 

Pada modul ini memuat informasi pentingnya penerapan go-digital bagi UMKM, pemasaran digital, strategi social media marketing, teknik pembuatan konten dan copywriting, serta strategi promosi penjualan yang efektif di masa pandemi. 

Penyebaran modul dilakukan secara langsung kepada pelaku usaha, serta dibagikan dalam bentuk soft file melalui grup WhatsApp RT 03 RW 08, Kelurahan Kedungsari, Magelang. 

Harapannya setelah mendengarkan pemaparan dan membaca modul tersebut dapat meningkatkan literasi pelaku usaha terkait go-digital hingga menerapkan strategi go-digital untuk meningkatkan profitabilitas UMKM. 

Selanjutnya, kegiatan go-digital ini diharapkan tidak hanya diterapkan pada masa pandemi saja, tetapi untuk penerapan yang berkelanjutan khususnya di era industri 4.0.

Gambar 1. Modul Program 1/dokpri

Gambar 2. Isi Modul Program 1 /dokpri

Penulis: Clara Dian Sukma Anggasari (Manajemen/FEB)
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline